KAPOLSEK BANTUL MELAKUKAN KEGIATAN PROGRAM PSA

Senin, 01 April 20130 komentar

Senin, 1 April 2013 pukul 08.00 Wib, bertempat di TK ABBA Aisyiah Kadirojo Kapolsek Bantul Kompol Sudarsono beserta rombongan yang terdiri dari : Kataud, Kanit Bimmas, Panit I Lantas, Panit I Bimmas, Panit Serse, Panit I Intel dan Sabhara, melaksanakan kegiatan “ POLISI SAHABAT ANAK “.  Kegiatan ini merupakan program yang di gelakan lagi oleh Kapolsek Bantul dalam rangka memasyarakatkan Polisi kepada masyarakat. Giat ini diikuti oleh para guru dan  kurang lebih sekitar 50 siswa yang terdiri dari TK A, TK B dan PAUD.

Pada kesempatanya Kapolsek Bantul memperkenalkan tugas tugas kepolisian sesuai fungsinya antara lain seperti fungsi Lalu Lintas, bahwa tugas dari lalu lintas adalah menyeberangkan anak sekolah, mengatur lalu lintas, fungsi Reserse menangkap maling dan memasukan ke penjara, sedangka Polwan (kataud) menjadi contoh bagi murid perempuan supaya menjadi seperti Polwan dimaksud, sedangkankan untuk petugas Intel yang pada saat itu mengenakan pakaian Safari (Panit I Intel Aiptu Wiyana) tugasnya adalah membuat SKCK surat yang untuk syarat masuk menjadi Polisi, dan lain sebagainya.

Penjelasan Kapolsek tersebut disampaikan kepada para siswa disertai cerita lucu dan senyuman sehingga para siswa antusias mendengarkan penjelasan Kapolsek tersebut. Terbukti setelah mereka ditanya oleh Kapolsek  “siapa yang ingin menjadi Polisi” dan dijawab serempak oleh mereka “saya ingin menjadi POLISI”.

Dalam kesempatanya kepala sekolah TK bersama murid-muridnya menyanyikan lagu yang pada baitnya dijelaskan bagaimana cara menyeberang jalan : Tengok kekanan, tengok kekiri, kemu tengok ke kanan lagi kalau sudah aman baru menyeberang.

Kapolsek Bantul mengatakan melalui Kegiatan Polisi Sahabat Anak, diharapkan dapat ditanamkan kepada anak-anak jiwa yang jujur dan berdisiplin sejak dini. 

Untuk memahami tertib hidup bermasyarakat maka sebaiknya sejak dini anak-anak harus sudah dikenalkan dengan berbagai tata tertib hidup bermasyarakat mulai dari tata tertib berlalulintas sampai pada tata tertib kehidupan bermasyarakat yang lebih luas.

Oleh karena itu sejak usia dini ini harus sudah dikenalkan pada rambu-rambu dan masalah tertib lalulintas dimana nantinya mereka akan semakin dewasa semakin mengerti dan semakin paham. Sehingga ketika menjajaki pendidikan yang lebih tinggi mereka akan mematuhi dan memahami segala peraturan yang berlaku.

Selain itu dengan kegiatan program polisi sahabat anak ini diharapkan bisa merekatkan hubungan polisi dengan anak, bukan seperti dulu dimana orang tua justru menanamkan image polisi sebagai sosok yang menakutkan. Diharapkan  image miring terhadap sosok polisi akan hilang dan justru sebaliknya mereka akan menganggap polisi sebagai sahabat, kakak dan orang tua mereka, tutup Kapolsek Bantul.

Acara tersebut diakhiri oleh Kapolsek dengan pembagian makanan ringan dan minuman dan dikahiri foto bersama dan berakhir dengan aman dana tertib hingga pukul 09.15 Wib.


Share this article :

Poskan Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger