PATROLI SENTUH DAN DIALOGIS POLSEK PAJANGAN

Minggu, 14 April 20130 komentar



Sabtu, 13 April 2013 pukul 23.00 wib, Kanit Intel Ipda Muh. Sugeng dengan 8 personil termasuk Bhabin Kamtibmas Desa Guwosari Brigpol Supri Handono, SH melaksanakan Paroli sentuh dan dialogis di Pos Ronda Dk Kentolan Lor RT 04 Guwosari Pajangan Bantul.

Hujan rintik-tintik tersebut menambah suasana akrap polisi dan masyarakat yang hadir di pos ronda itu. Suasana seperti itu dimanfaatkan oleh Ipda Muh Sugeng untuk berdialog dan menyampaikan pesan pesan kamtibmas. Dalam dialog tersebut juga dibahas masalah pemberantasan premanisme yang akan menjadi perhatian Polda DIY, diharap masyarakat mendukung  pemberantasan premanisme dengan melaporkan ke polisi apabila masyarakat mengetahui dan mempunyai informasi tentangnya. Dan masyarakat dengan atusias menjawab “kami siap membantu polisi”.

Program Paroli sentuh dan dialogis Polsek Pajangan ternyata mendapat sambutan positif masyarakat Pajangan. Untuk itu pelaksanakaan giat tersebut akan selalu ditingkatkan sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah Polsek Pajangan. Giat Patroli sentuh dan dialogis yaitu kegiatan patroli sambil adakan pendekatan kepada masyarakat ke tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat yang melaksanakan ronda malam.

Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Hasoyo menjelaskan, giat Patroli sentuh dan dialogis dianggap cukup efektif. Karena melalui pendekatan dialogis kepada warga masyarakat, maka secara tidak langsung petugas mengajak mereka untuk dapat mengamankan wilayahnya sendiri. "Pada dialog tersebut kami saling tukar informasi dan menekankan perlunya upaya dari semua pihak untuk saling menjaga Kamtibmas diwilayahnya," jelasnya.

Anggota Polsek Pajangan jumlah pesonilnya cukup terbatas, jadi peran serta masyarakat untuk menjaga Kamtibmas diwilayahnya masing masing diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga tugas Polsek Pajangan akan terbantu. 

Satu hal yang pasti, mereka juga dapat mengajak dan mengantisipasi anggota kelompoknya untuk tidak melakukan gangguan keamanan atau hal lain yang dapat mengganggu kamtibmas wilayah. Seandainya ada anggota kelompok yang melanggar ketentuan, diyakini akan mendapat sanksi dari komunitasnya sendiri.

Giat ini juga menerapkan upaya untuk antisipasi merebaknya Penyakit masyarakat. Seandainya dengan pendekatan seperti itu dapat dijalankan, upaya pemberantasan minuman keras, Togel dan penyakit masyarakat lainya  juga akan dapat dimaksimalkan, tutupnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger