KAPOLRES BANTUL PATROLI CEK POS KAMLING DI DUSUN PLEBENGAN, BAMBANGLIPURO

Jumat, 24 Mei 20130 komentar



Patroli Cek pos kamling adalah salah satu program unggulan Polres Bantul saat ini. Untuk menunjang program tersebut Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati beserta Subdit Polmas Dit Bimas Polda DIY Kompol Ngadiman dan Kompol Sukarmin, mengadakan pengecekan pos kamling RT 4 di  Dusun Plebengan Desa Sidomulyo Kec. Bambanglipuro.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Bimas Polres Bantul AKP Muryanto dan Kasipropam Polres Bantul Iptu Rapiqoh, Muspika Bambanglipuro, Kades Sidomulyo dan tokoh masyarakat Dusun Plebengan.

Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi Polri dan bentuk pelayanan masyarakat dalam rangka penyampaian pesan pesan kamtibmas secara langsung kepada masyarakat sekaligus menjaring aspirasi masyarakat sehubungan kinerja Polri. Sehingga diharapkan ke depan tugas tugas Polri dapat dilaksanakan dengan baik sekaligus meningkatkan pencitraan Polri.
Untuk itu Kapolres mengharapkan kerjasamanya pada seluruh masyarakat dan memberikan informasi ke Polri manakala menemukan permasalahan di masyarakat.

Lanjut Kapolres, bila ada permasalahan di dalam masyarakat hendaknya diselesaikan secara internal dulu, jangan di bawa ke ranah hukum. Oleh karena itu  peran serta Muspika, tokoh masyarakat sangat diperlukan dan ikut rembug untuk mencari solusi terbaik dalam masalah tersebut.

Sementara itu, Kompol Ngadiman yang didampingi oleh Kompol Karmin, menyampaikan bahwa program blusukan itu tidak hanya dimonopoli oleh pihak  pihak tertentu, melainkan Polripun saat ini juga menggalakan program ini, salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan malam ini. Hal ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat. Untuk itu  masyarakat dapat memperdayakan anggota Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan FKPM dalam pemecahan masalah.

Beliau juga meneruskan apa yang menjadi pesan Sri Sultan HB X bahwa kita hendaknya menghilangkan budaya pekewuh, berani bertanya tentang identitas seseorang yang masuk ke pedesaan agar kita dapat kejelasan identitasnya sehingga  ruang gerak teroris dapat dikurangi. Selain itu beliau berpesan agar petugas jaga pos kamling selalu mengingat sandi sandi bunyi kentongan, karena dengan sandi itulah kita dapat berkomunikasi dengan warga secara cepat.

Pesan beliau juga, hendaknya masyarakat mewaspadai dan hati hati adanya para sales yang menjajakan dagangan dari rumah ke rumah, sudah banyak kejadian pemilik rumah kehilangan baranya maupun tertipu olehnya. Waspadalah karena tidak semua sales berniat baik.
Acara  yang dipandu oleh Dukuh Plebengan itu mendapat antusias dari masyarakat yang datang pada malam itu, hal ini terlihat dalam sesi tanya jawab yang dimanfaatkan warga dalam menanyakan permasalahan yang ada di lingkungan dan apa yang menjadi harapan masyarakat tentang Polri ke depan.  

Untuk mewujudkan keberlangsungan silaturahmi dalam kesempatan tersebut Kapolres memberikan tali asih kepada petugas pos kamling untuk dimanfaat bagi kepentingan masyarkat di lingkungan dusun tersebut. Dengan diserahkannya tali asih itu maka berakhirlah kegiatan cek kamling dan sambang kampung dalam keadaan aman pada jam 00.40 Wib.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger