KAPOLRES BANTUL HADIRI ACARA PERAYAAN PEH CUN DI PARANGTRITIS

Kamis, 13 Juni 20130 komentar



Kapolres Bantul AKBP Dewi Hartati menghadiri acara Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis, Rabu tangga,12 Juni 2013 pukul 11.00 wib. Perayaan Peh Cun tahun 2013 ini merupakan perayaan Peh Cun yang ke-12 kali yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Rangkaian acara digelar mulai  pukul 11.00 WIB, dan diramaikan dengan Festival Barongsai Yogyakarta (FBY) yang diikuti peserta dari Jogja, Semarang, Magelang dan Kudus.

Sebelum perayaan puncak Peh Cun juga telah digelar berbagai lomba seperti lomba perahu naga yang juga mendapat antusias tinggi dari masyarakat untuk menyaksikan lomba yang diikuti belasan tim dari berbagai wilayah. Acara tersebut berlangsung meriah, Ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya mengikuti perayaan tersebut.

 Perayaan Peh Cun tahun 2013 ini berbeda dari sebelumnya dengan adanya lomba pentas barongsai. Panitiapun menyediakan hadiah dan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X bagi pemenang lomba barongsai tersebut.

Perayaan Peh Cun tersebut diawali dengan doa bersama di pantai dan melarung berbagai sesaji ke tengah laut serta dilanjutkan dengan tradisi mendirikan telur.

Menurutnya salah satu pengunjung, saat perayaan yang bertepatan pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Tionghua, tepat pukul 12.00 WIB telur bisa berdiri sendiri tanpa dipegangi. Hal itu akibat posisi bumi, bulan, dan matahari berada dalam posisi segaris yang menyebabkan tarik menarik gravitasi. "Jika bisa berdiri, akan mendapatkan berkah," jelas salah satu pengunjung.

Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati mengatakan perayaan Peh Cun tersebut  dari tahun ke tahun semakin baik, sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan baik lokal hingga mancanegera untuk berkunjung ke Bantul,  Jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati, Kapolres Bantul AKBP Dewi Hartati, Ketua DPRD Bantul Tustiyani, SH, Kejari Bantul Retno Harjantari Iriani, SH, dan Muspida Bantul. Pengamanan kegiatan dilaksanakan oleh personil gabungan Polsek Kretek, Polres Bantul, TNI dan ormas. Kegiatan berjalan dengan lancar dan berakhir dalam keadaan aman dan tertib.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger