LIMA KUNCI KESELAMATAN DALAM MENGEMUDI DI JALAN RAYA

Jumat, 14 Juni 20130 komentar



Arahkan Pandangan Jauh Kedepan

Dengan mengarahkan pandangan jauh kedepan, kita bisa mengenal kondisi jalan di depan, dengan begitu akan mempermudah kita untuk mengambil keputusan lebih cepat jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengarahkan pandangan jauh ke depan, kesiapan kita untuk mecegah hal buruk akan tereksekusi lebih cepat dan lebih baik.

Dapatkan Gambaran yang Luas di Sekeliling Kendaraan

Pada saat menyetir mobil, pandangan sebaiknya tidak hanya tertuju ke depan, tetapi juga diarahkan ke sekililing kendaraan (kiri dan kanan). Hal memungkinkan kita lebih siap menghadapi kendaraan lain yang tiba-tiba muncul dari kiri dan kanan.

Aktifkan Mata

Jangan membiarkan tatapan kosong dan terpaku pada satu arah, usahakan agar mata bergerak setiap 2 detik untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan.

Perhatikan Jalan Keluar

Kenali kondisi jalan dan perhatikan area yang bisa memungkinkan menjadi jalan keluar juntuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga jarak dengan mobil di depan adalah hal yang sangat penting. Jika jalan dalam keadaan macet, ambilah jarak dengan kendaraan di depan yang kira-kira bisa memungkinkan kita melepaskan diri dari kemacetan.

Pastikan Orang Lain Melihat Anda

Penyebab utama dari kecelakaan adalah salah satu pihak tidak melihat keberadaan pihak lain. Oleh karena itu, pastikan selalu orang lain melihat anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membunyikan klakson, mengedipkan lampu dim atau melambaikan tangan.

Kelemahan terbesar saat menyetir mobil adalah terpecahnya konsentrasi mengemudi dengan permasalahan lain. Penting sekali untuk "meninggalkan" permasalahan selama mengemudi agar dapat berkonsetrasi penuh di jalan. Karena jika pikiran kita terpecah maka keselamatan mengemudi akan terancam, lagipula masalah yang dipikirkan pun tidak dapat kita selesaikan saat mengemudi. Konsentrasi mengemudi juga sering terganggu jika pengemudi dalam keadaan terburu-buru karena telat ke tempat tujuan. Untuk hal ini, sangatlah penting mengalihkan pikiran bahwa kita harus sampai dengan selamat, bukan "memburu waktu" yang sebenarnya memang sudah telat.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger