PENYULUHAN NARKOBA TERHADAP PELAJAR OLEH POLSEK SRANDAKAN

Kamis, 27 Juni 20130 komentar



Salah satu bentuk kepedulian Polsek Srandakan akan bahayanya peredaran narkoba serta dampak yang ditimbulkannya, Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Aiptu Dalija menggelar giat penyuluhan narkoba kepada siswa siswi kelas 11 SMK Binawiyata Desa Poncosari Srandakan, Rabu, 26 Juni 2013 pukul 08.00 Wib.

Kegiatan penyuluhan narkoba ini bertujuan memberikan pemahaman pada generasi muda khususnya para pelajar di Kecamatan Srandakan terkait bahaya serta dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi narkoba dan agar para pelajar juga memahami dan mengerti bentuk-bentuk narkoba sehingga bisa terlepas dari jerat para pengedar yang ingin menjerumuskanya. Apalagi saat ini, sasaran para pengedar narkoba adalah generasi muda. 

Dalam penyuluhanya, Aiptu Dalija menjelaskan bahwa Narkoba dapat bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pelayanan kesehatan contohnya obat bius, tetapi bila disalahgunakan akan melanggar Hukum  UU No.  5  Th 1997  dan   UU No.22  Th 1997, serta dapat berdampak buruk bagi sipemakai. 

Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik antara lain badan sakit sakitan, mudah tertular HIV-AIDS, sek bebas (ganti-ganti pasangan) dan menimbulkan Ketergantungan – Over Dosis sehingga menimbulkan kematian. 

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Sosial antara lain ancaman bagi keluarga dan masyarakat lingkungannya, sering melakukan Kriminal, menimbulkan Laka Lantas, mencuri, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri dan lain lainya.

Penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak moral dan Patriotisme atau rasa cinta tanah air sehingga mengancam ketahanan Nasional dan Runtuhnya Negara Kesatuan RI.

Kasi Humas Polsek Srandakan mengatakan, ke depan Polsek Srandakan akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk menggelar kegiatan yang sama ke sekolah lainya ataupun masyarakat yang ada di Srandakan. Diharapkan kegiatan ini dapat meminimalisir peredaran narkoba di daerah Srandakan, serta memberikan pelajaran bagi para siswa akan bahayanya mengkonsumsi narkoba. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger