KANIT BINMAS POLSEK PAJANGAN SELESAIKAN PERMASALAHAN PARA PENAMBANG PASIR

Senin, 01 Juli 20130 komentar



Kanit Bimas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Bhabin Kamtibmas Desa Triwidadi Bripka Ngadiman, Intel Brigpol Antara, SH menghadiri pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan konflik para investor penambangan pasir di DK Kayuhan Kulon RT 03 dan RT 05 Triwidadi Pajangan bertempat di gedung pertemuan Puskeswan Dk Kayuhan Kulon RT 05 Triwidadi Pajangan Bantul.

Penambangan pasir di Dk Kayuhan terdapat 2 kelompok yaitu kelompok I terdiri dari para penambang pasir dengan mengunakan sedot mesin dan kelompok II terdiri dari para penambang pasir secara manual.

Penyebab terjadinya konflik penambangan pasir yaitu adanya penutupan jalan masuk ke areal penambangan pasir dan pembuatan jalan  ke pulau di tengah sungai yang berada di pedukuhan Kayuhan Kulon RT 05 Triwidadi Pajangan. Penutupan jalan dan pembuatan jalan ini dilakukan oleh kelompok I sehingga kelompok II terhalang jalannya untuk masuk ke lokasi penambangan sehingga mengakibatkan kerugian di pihaknya.

Penutupan ini dilakukan oleh kelompok I karena kelompok I mempertanyakan dan mempermasalahkan transparasi pengelolaan uang kas perbaikan jalan dan uang kas RT kepada kelompok II karena Ketua Kelompok pemegang keuangan yaitu Bpk. Suprat (Ketua RT 05) sedang sakit di rumah sakit.

Guna menyelesaikan permasalahan tersebut, Kepala Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto mengadakan pertemuan dan musyawarah yang dihadiri sekitar 100 orang terdiri dari Kelompok I, Kelompok II, Anggota Polsek Pajangan, tokoh masyarakat setempat dan tamu undangan.

Adapun hasil dari pertemuan tersebut pihak yang merasa memasang portal untuk meminta maaf dan segera menurunkan portal masuk ke area penambangan pasir, jalan yang dibuat ke pulau digunakan untuk kepentingan bersama antara Kelompok I dan Kelompok II. Selanjutnya  untuk memperkuat secara hukum maka dibuatkan surat pernyataan dengan bermaterai Rp 6000 kepada kelompok yang memasang portal.

Harapan dari Kanit Bimas Polsek Pajangan kepada seluruh peserta musyawarah, apabila mendapati permasalahan agar warga masyarakat melalui tokoh masyarakatnya segera mengadakan musyawarah untuk mufakat sehingga tidak terjadi konflik dan setiap warga agar menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Acara berjalan dengan aman dan kondusif hingga selesai.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger