UPACARA HUT BHAYANGKARA YANG KE 67 DI MAPOLRES BANTUL

Selasa, 02 Juli 20130 komentar



Senin tanggal 1 Juli 2013 pukul 07.30 wib, Kapolres Bantul AKBP Ihsan Amin, SIK, MH memimpin upacara dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara yang ke 67 di halaman Mapolres Bantul. Sebagai komandan upacara Ipda Boidi DS dan pengucap Tribrata Brigadir Ipin Tugianto yang didampingi Brigadir Tiastono Taufik dan Brigadir Winarno. Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati, Dandim Bantul Letkol (Kav) Dedy Setiawan, S.Sos, Kajari Bantul Retno Harjantari Iriani, SH, Anggota/PNS jajaran Polres Bantul dan Kodim Bantul, Muspika Bantul, Toga, Toma, sesepuh Polri, Perwakilan Satpam, Senkom, Banser Bantul dan Saka Bhayangkara Polres Bantul.

Tema HUT Bhayangkara ke-67 mengangkat Sinergitas kemitraan dan anti-KKN, wujudkan pelayanan prima, penegakan hukum, dan keamanan dalam negeri, mantap sukseskan Pemilu 2014.

Dalam membacakan amanat dari Kapolri, Kapolres Bantul AKBP Ihsan Amin, SIK, MH mengucapkan selamat memperingati hari Bhayangkara yang ke 67 tahun 2013, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri. Di manapun berada dan bertugas, terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, juga di sampaikan atas pengabdian saudara, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, saudara tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi, sehingga dapat mewujudkan situasi kamtibmas yang tetap kondusif, dalam rangka  mendukung pembangunan nasional.

Kita patut bersyukur, beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri, dewasa ini telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat, bahkan dunia internasional beberapa kasus menonjol dan meresahkan telah berhasil kita ungkap seperti, kasus terorisme, narkoba, illegal logging, illegal mining, perdagangan dan penyelundupan manusia, premanisme, maupun berbagai event pengamanan agenda kegiatan berskala nasional, regional maupun internasional. Sungguhpun demikian, harus kita sadari bahwa, disamping keberhasilan dan pencapaian tersebut, masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan, yang perlu segera kita perbaiki, terutama dalam upaya membangun kepercayaan publik. Saat ini, kita masih dinilai belum mampu memberikan layanan secara optimal.

Selain itu, pada aspek pembinaan, masih ditemukan adanya oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik, maupun tindak pidana, sehingga menciderai nama baik dan menurunkan citra institusi. Realitas ini menunjukkan bahwa, kita harus terus melakukan pembenahan di segenap aspek organisasi, untuk menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Selanjutnya, perlu kita pahami bersama bahwa, kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas, tidak terlepas dari bantuan, dukungan serta kerjasama dengan masyarakat dan seluruh stakeholders. Oleh karena itu, pada tersebut, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya, kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Polri. Harapan beliau, kiranya semua prestasi dan keberhasilan yang telah diraih selama ini, dapat terus ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Terkait dengan persiapan kita dalam menghadapi agenda nasional pemilu 2014, Beliau mengingatkan, bahwa pentahapan kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2013 ini, yang merupakan masa transisi sebelum memasuki pesta demokrasi tahun depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perkembangan dan dinamika politik, diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa berseberangan, yang dapat mengganggu pelaksanaan  pemilu.

Menyikapi permasalahan di atas, seluruh anggota Polri, selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan pemilu, juga harus mampu menentukan langkah -langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada, dapat dikelola dan di antisipasi sedini mungkin, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata.

Penanganan terhadap konflik sosial dan terorisme, sebagaimana di atas, lebih jauh perlu saya sampaikan, bahwa langkah perpolisian yang tepat, baik bersifat preemtif, preventif dan penegakan hukum harus dirancang dengan baik dan di implementasikan dengan sungguh - sungguh.

Sejalan dengan insruksi presiden nomor 2 tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri, yang menitikberatkan pada penanggulangan terhadap konflik sosial dan terorisme, serta menegaskan pentingnya dilakukan kerjasama dengan semua unsur terkait, sehingga dapat menjamin terwujudnya keamanan dalam negeri yang kondusif, dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada  seluruh jajaran Polri, sebagai berikut :

Pertama tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagal landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.

Kedua  tanamkan  terus kesadaran diri bahwa profesi Kepolisian yang saudara pilih, merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri, dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik.

Ketiga inventarisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial, dan tingkatkan kemampuan deteksi dini, terhadap berbagai kemungkinan terjadinya tindak kekerasan dan kriminalitas, serta upayakan pencegahannya secara maksimal. Jika langkah pencegahan tidak berhasil, maka lakukan tindakan hukum yang tegas, guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Keempat tingkatkan kesiapsiagaan operasional, untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran ararat kepolisian tidak terkesan terdadak, dalam menangani konflik komunal maupun tindakan   anarkis lainnya.

Kelima optimalkan kemampuan personel jajaran Polri, melalui pelatihan rutin yang sistematis, lengkapi dengah prosedur tetap yang jelas dan terukur, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan.

Keenam kembangkan terus konsep Polmas, yang berprinsip pada kesetaraan Polri dengan masyarakat, pelibatan dalam penyelesaian masalah, pemberdayaan pengawasan eksternal, serta pertanggung-jawaban kepada publik, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

Ketujuh tingkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum, pengemban fungsi Kepolisian dan segenap pemangku kepentingah sebagai implementasi dari pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dalam rangka mensukseskan pemilu 2014.

Kedelapan lanjutkan program reformasi birokrasi dl jajaran Polri serta tingkatkan prestasi dan pencapaian kinerja tahun 2013, melalui pelayanan prima yang anti KKN dan anti kekerasan, guna menciptakan kamdagri yang mantap, dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional.

Kesembilan kepada segenap unsur pimpinan Polri di semua level, saya instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat soliditas, baik internal Polri maupun denganTNI, guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan     berkualitas, sesuai amanat konstitusi.

Sebelum mengakhiri sambutan tersebut, secara khusus Kapolri menyampaikan permohonan maaf kepada segenap komponen masyarakat yang ada, atas segala kekurangan Polri dalam memberikan pelayanan. Di samping itu kami tetap berharap adanya koreksi, teguran, dan pengawasan dari semua pihak, dalam rangka membangun dan menguatkan Polri, agar ke depan semakin profesional, dalam memberikan pelayanan yang   prima kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut juga diisi dengan acara penyerahan hadiah bagi pemenang berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 67 dan tasyakuran potong tumpeng yang dilakukan oleh Kapolres Bantul dan diberikan kepada anggota tertua yaitu Kompol Jamin. Selesai upacara selanjutnya diadakan acara doa ramah tamah yang diikuti para hadirin. Acara selesai dalam keadaan aman dan tertib.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger