KAPOLSEK KASIHAN HADIRI GIAT SELEKSI LOMBA SEHAT TINGKAT NASIONAL DI DUSUN SORAGAN

Selasa, 27 Agustus 20130 komentar



Kapolsek Kasihan Kompol Fajar Pamuji, SH menghadiri giat Seleksi lomba sehat tingkat nasional oleh tim penilai kesehatan di Dusun Soragan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Senin, 26 Agustus 2013.

Hadir dalam kegiatan adalah direktur penyehatan lingkungan kementerian kesehatan RI, kepala pusat promosi kesehatan kementrian kesehatan RI, Wabup Bantul Drs. H. Sumarno, PRS, kepala Bappeda kab. Bantul, ketua Forkom kab Bantul, Kepala dinas kesehatan kab. Bantul, Muspika Kec. Kasihan, lurah desa Ngestiharjo dan para tamu undangan.

Di wilayah Bantul ada 4 desa terpilih yang mengikuti lomba kesehatan tingkat pusat. Dalam seleksi ini memperebutkan penghargaan dari pusat berupa Swasti Sabha Padapa. Sementara tantangan dalam memperebutkan penghargaan ini berupa membangun kesadaran warga untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Wakil Bupati Bantul Drs Soemarno Prs mengatakan sebenarnya pada 2011 lalu, Bantul telah mendapat penghargaan tersebut. Penghargaan ini diberikan bagi kabupaten yang memiliki penilaian plus di tiga tatanan yakni kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri serta kawasan pariwisata sehat.

"Selanjutnya pada 2013, Bantul mengajukan empat tatanan seperti kehidupan masyarakat sehat, pariwisata sehat, permukiman sarana dan prasarana sehat serta ketahanan pangan dan gizi," jelas Wabup Bantul.

Adapun keempat desa yang dinilai selain Soragan Ngestiharjo Kasihan juga Dusun Kauman Desa Tamanan Banguntapan, Desa Wisata Kebon Agung Imogiri dan Dusun Serut Palbapang.

Beberapa hal yang diunggulkan kawasan seperti di Kauman Tamanan Banguntapan seperti kawasan larangan merokok, penanganan sampah dengan sistem shodaqoh sampah, posyandu Balita dan Lansia, pemanfaatan pekarangan untuk ditanami pangan organik, penyehatan kandang ternak dengan membuat biogas.

kemudian kawasan Desa Wisata Kebon Agung Imogiri adalah sanitasi homestay, sanitasi lingkungan, penanganan keselamatan pengunjung wisata, penyehatan produk makanan dan penyehatan air bersih.

Di Dusun Soragan Ngestiharjo Kasihan yang diunggulkan adalah sanitasi komunal, penyehatan produk makanan, air bersih, tanaman obat, pos pelayanan kesehatan tradisional, sarana olahraga dan pengelolaan sampah.

Serta di Dusun Serut Palbapang yang diunggulkan adalah lumbung dusun, pemanfaatan pekarangan untuk tanaman obat dan pangan organik, posyandu balita dan lansia serta penyehatan kandang ternak. (Humas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger