BHABIN TRIWIDADI MENGHADIRI GERAKAN PEMUPUKAN TANAMAN JAGUNG 1000 HA DI PEDUKUHAN NGINCEP

Kamis, 26 September 20130 komentar



Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Bripka Ngadiman menghadiri acara Gerakan Pemupukan Tanaman Jagung Kawasan Pengembangan 1000 Ha Jagung Satker Dinas Pertanian D.I. Yogyakarta oleh kelompok tani “Tani Rukun” di Dk Ngincep Triwidadi Pajangan Bantul, Rabu, 25 September 2013 jam 09.00 Wib.

Secara simbolis seluruh peserta acara melaksanakan gerakan pemupukan tanaman jagung di lahan Kelompok Tani Rukun Dk. Ngincep. Kelompok Tani “Tani Rukun” pernah mendapatkan juara 2 tingkat Nasional penanaman Jagung sekitar tahun 2008, pada waktu itu hasil dari tanaman jagungnya sangat banyak dilahan 1000 Ha. Hasil yang melimpah tersebut dikarenakan pemupukan tanaman jagungnya sesuai dengan tata cara bercocok tanam jagung.

Pada acara tersebut Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul Ibu Ir. Yunianti menyampaikan beberapa hal diantaranya Pemda DIY bersama Dinas Pertanian DIY dan seluruh Dinas Pertanian Kabupaten seluruh Pemda DIY telah mencanangkan ikrar untuk mendampingi kelompok tani di Pemda DIY  dalam bercocok tanam meningkatkan hasil pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan yang merupakan program Pemerintah Indonesia.

Para Petani dan warga masyarakat diharapkan memanfaatkan lahan kosong di rumahnya maupun pekarangannya untuk ditanami tanaman pangan seperti umbi-umbian, garut, cabe dan lain sebagainya untuk menyukseskan program  dari Pemerintah dan dapat memberikan nilai tambah perekonomian keluarga.

Ir. Suharto Budiono, MM Kepala Seksi Produksi Tanaman PanganDinas Pertanian DIY dalam kesempatan tersebut menyampaikan hal-hal diantaranya Mengajak Kelompok Tani untuk meningkatkan hasil produksi tanaman jagung dengan cara pemupukan yang benar untuk ketahanan Pangan. Pemupukan didasarkan penggunaan pupuk organik dan pupuk kandang minimal 2 ton untuk 1 Ha sehingga kesuburan tanahnya tetap terjaga, Penggunaan pupuk Pabrik seperti Ponska (NPK) dan Urea harus berimbang dan tepat waktu sesuai dengan rekomendasi Dinas Pertanian. Penggunaan bibit Jagung yang unggul.  Memberikan laporan apabila lahan dan tanaman pertaniannya terserang hama penyakit ke BPP Kec. Pajangan atau mantri tani. Selain itu  TNI dan Polri sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan diberikan pengetahuan tentang pertanian dan masalah-masalah hama pengganggunya.

Beliau juga menambahkan para Petani merupakan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Harapan Beliau Gerakan Pemupukan Tanaman Jagung 1000 Ha oleh suluruh kelompok tani di Pemda DIY secara benar dan tepat waktu dapat meninggkatkan kesejahteraan para petani dan ketahanan pangan Pemda DIY.

Acara pemupukan dihadiri oleh Dinas Pertanian DIY Ir. Suharto Budiono, MM Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul Ibu Ir. Yunianti, Msi Kabid Tanaman Pangan, Camat Pajangan diwakili Kasiekbang Bpk. Soleh Saebani, SE, 2 Personil Koramil Pajangan dipimpin oleh Serka Supardal, BPP Pajangan 2 orang dipimpin oleh Ibu Zeni, SP, Kepala Dukuh Ngincep Bpk. Subiyono, Kepala Dukuh Jogonandan Bpk. Saronto, Ketua Kelompok Tani Rukun Bpk. Wagiman, 5 orang tamu undangan dari Kelompok Tani Kec. Pajangan dan 25 orang anggota Kel. Tani Rukun.

Hingga berakhirnya acara Gerakan Pemupukan Kelompok Tani “Tani Rukun” di Dk Ngincep Triwidadi Pajangan, situasi dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger