POLRES BANTUL MELAKSANAKAN GIAT UPACARA MEMPERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

Selasa, 01 Oktober 20130 komentar



Anggota Polres Bantul melaksanakan upacara peringati hari kesaktian Pancasila di halaman Mapolres Bantul pada hari selasa tanggal 01 Oktober 2013 pukul 07.00 wib. Selaku Inspektur upacara Kasubag Pers AKBP Jamin dan peserta upacara dari anggota Polres Bantul.

Kasubag Pers Polres Bantul AKBP Jamin dalam membacakan amanat dari menteri pendidikan dan kebudayaan RI mengatakan bahwa Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara yang utuh. Sejak Reformasi 1998, Pancasila seolah olah kurang memperoleh perhatian bersama, sehingga dikhawatirkan memudar bersama sejarah masa lalu. Kita semua harus tetap berusaha dan berjuang secara sungguh sungguh untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan pemersatu Negara Republik Indonesia.

Tahun 2013 ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema "Mewujudkan Nilai Nilai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa", Makna yang ingin dikedepankan   adalah, bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jatidiri bangsa dan sebagai fondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, bersama tiga pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945,Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Dalam era Globalisasi cenderung yang menguat adalah nilai nilai lintas batas antar bangsa baik secara geografis, demografis maupun psikografis. Dan sejarah mencatatnya hanya bangsa yang memiliki ideologi yang kuat yang mampu bertahan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur memiliki Pancasila yang membuat kita mampu menjaga jati diri bangsa. Sekali lagi, Pancasila adalah hasil perumusan dari konsensus nasional yang secara konstitutional dan moral mengikat setiap insan Indonesia.

Kepribadian suatu bangsa, selain dipengaruhi oleh nilai nilai yang tumbuh dan berkembang di dalam bangsa juga dipengaruhi bangsa bangsa lain, sebagai akibat interaksi dinamis. Tapi, bangsa yang berkepribadian adalah bangsa yang mampu menunjukkan  karakternya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa bangsa lain.

Yang menjadi tantangan sekarang ini adalah bagaimana bangsa Indonesia mampu mempertahankan nilai nilai Pancasila sesuai dengan konteks dan perkembangan zaman. Ini penting, agar Nilai nilai Pancasila dapat ditumbuhkembangkan untuk menjawab tantangan zaman.

Pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman dan pengembangan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara masif.

Dalam Kurikulum 2013, sebagai mata pelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan lebih kita perkuat lagi substansi dan metodologi pembelajarannya, agar dapat  dihasilkan  warga  negara  yang cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya serta lebih efektif dan lebih bertanggung jawab.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila seperti yang kita peringati haruslah kita pandang sebagai upaya melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2013, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantlsa membimbing dan meridhoi usaha kita semua.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger