KAPOLSEK PANDAK MENJADI IRUP UPACARA PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA DI SMP N 2 PANDAK

Selasa, 01 Oktober 20130 komentar



Kapolsek Pandak AKP Paimun, SH menjadi Irup pada upacara memperingati hari kesaktian Pancasila untuk kecamatan Pandak yang di pusatkan di SMP N 2 Pandak, Selasa, 01 Oktober 2013 pukul 07.00 Wib. Upacara mengambil tema “Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa” yang diikuti oleh Muspika Pandak, Dinas pendidikan Bantul, Instansi terkait, Lurah Caturharjo, mahasiswa dan para pelajar.

Petugas upacara dari anggota Polsek pandak yaitu sebagai komandan upacara adalah Bripka Damar, ajudan Irup Brigpol Subawa dan petugas pembaca UUD juga Pembaca Do’a dari PNS Kantor kecamatan Pandak.

Peringatan Kesaktian Pancasila bertujuan agar bangsa Indonesia harus tetap berhati-hati terhadap adanya usaha-usaha baru untuk menggantikan Pancasila dengan cara yang sistematis baik terlihat dengan mata ataupun dalam tataran ide dan pemikiran yang abstrak. Bangsa Indonesia harus lebih giat dan tidak mengenal lelah dalam melakukan penanaman nilai-nilai Pancasila lalu mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya melalui pendidikan formal; dengan adanya mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan yang diterapkan pada Kurikulum tahun 2013, yang mengandung nilai-nilai Pancasila untuk ditamankan kepada generasi muda sehingga dapat membentuk karakter bangsa.

Amanat dari Mentri Dikbud RI yang dibacakan oleh Kapolsek menyampaikan antara lain, bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jatidiri bangsa dan sebagai fondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, bersama tiga pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila seperti yang kita peringati haruslah kita pandang sebagai upaya melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2013, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing dan meridhoi usaha kita semua, Dan semoga apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amal kebajikan kita semua. (Humas Pandak)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger