BERSIH DUSUN DI DUSUN MANDING DS. SABDODADI KEC. BANTUL KAB. BANTUL

Senin, 14 Oktober 20130 komentar



Pada hari Minggu tanggal 13 Oktober 2013 sekira pukul 13.00 Wib bertempat di Manding, Sabdodadi, Bantul Kab. Bantul telah berlangsung prosesi bersih dusun di awali dengan kirab jodang mengelilingi dusun Manding yang diikuti oleh semua komponen masyarakat Dusun Manding yang terdiri dari 12 RT, yang masing-masing RT mengeluarkan jodang dan prajurit/peserta kirab.

Adapun kirap yang ditampilkan diantaranya adalah kirab Kesenian Reog Turonggo seto, kirab Prajurit wanita yang latihan panahan, aksi treatrikal kemerdekaan, serta jodang berbagai hasil bumi dan kerajinan kulit. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Kapolsek Bantul Kompol Aris Waluyo, Muspika Kec.Bantul, Dinas Pariwisata, dan Perangkat Desa Sabdodadi, serta tamu undangan lainya.

Acara diawali dengan pasukan/prajurit bergodo Krido Rumekso dengan pimpinan Kadus Manding, di ikuti peserta kirab masing-masing dari RT mengeluarkan jodang dan peserta kirab dengan mengelilingi dusun Manding dengan mengambil star dan finish di depan rumah Kepala Dukuh Manding.

Kegiatan tradisi bersih dusun yang digelar secara berkala ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dan juga bertujuan mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki.

Personil Polsek Bantul mengawal kegiatan tersebut hingga berakhir pukul 15.30 Wib berjalan aman dan tertib. Kemudian pada malam harinya nanti akan dilangsungkan kesenian wayang kulit dengan dalang Ki Hadi Sutoyo dengan lakon Anoman Duto. (Humas Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger