KAPOLRES BANTUL MENHADIRI UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA DI LAP. PASEBAN BANTUL

Senin, 28 Oktober 20130 komentar



Senin tanggal 28 Oktober 2013 sekira pukul 08.00 wib, Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK di damping istri mengikuti upacara dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda ke 85 tahun 2013 di Lapangan Paseban Bantul. 

Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati selaku Inspektur upacara dalam membacakan sambutan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia mengatakan bahwa melalui peringatan ini kita dapat mengenang tekad pemuda indonesia saat itu yang mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu satu tanah air-tanah air indonesia, satu bangsa-bangsa indonesia, dan satu bahasa-bahasa indonesia.

Peringatan hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat dipelopori oleh anak-anak muda pada jamannya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme ditengah tengah hegemoni kolonialisme penjajah.

Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai kejayaan bangsa dl masa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Secara khusus momentum hari Sumpah Pemuda  tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema  "mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi"

Tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi. pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta peduli terhadap sesama. pemuda indonesia dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran dan perbuatan. pemuda yang cerdas adalah pemuda pemuda yang memilikik kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, yang memiliki kompetensi sehingga akan mampu bertahan dan akan unggul dalam menghadapi persaingan global.

Pemuda yang inspiratif adalah pemuda yang mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perubahan dan inspirasi dalam pengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing. pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan dan kegemilangan masa depan. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya.

Upaya untuk mewujudkan pemuda indonesia yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa ini manifestasi dari semangat dan jiwa sumpah pemuda. melalui peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai sumpah pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh indonesia. semoga bangsa indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan hari sumpah pemuda ini.

Setelah selesai pelaksanaan upacara, Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada warga masyarakat Bantul yang berprestasi. Hadir dalam kegiatan upacara tersebut Muspida Bantul, PNS TNI dan Polri, Guru, serta perwakilan para siswa dan murid dari SD, SMP, dan SMA Se-Kabupaten Bantul.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger