FESTIFAL LOMBA GEJLUK LESUNG DI PEDUKUHAN SANTAN PAJANGAN

Senin, 28 Oktober 20130 komentar



Bamin Sihumas Polsek Bripka Moh. Arin Ashudi melaksanakan peliputan pelaksanaan Festifal Lomba Gejlok Lesong di Dk Santan RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Minggu, 27 Oktober 2013 jam 08.30 Wib. Festifal ini diselenggarakan oleh Kelompok Sadar Wisata Dk Santan Guwosari Pajangan Bantul, sebagai penanggung jawab acara Bpk. Nur Taufik.

Fetifal Gejlok Lesong dibuka oleh Asisten Administrasi Umum (Asek 3) Bpk. Drs. H. Mardi Ahmad yang mewakili Bupati Bantul. Dalam kesempatan tersebut Bpk. Drs. H. Mardi Ahmad menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya atas terselenggaranya acara Festifal Gejlok Lesong dan dolanan anak ini. Warisan Budaya dari nenek moyang ini sudah hampir punah untuk itu kita sebagai generasi penerus harus memelihara dan menjaganya.

Pemda Bantul ditahun 2014 akan mengadakan program yang sudah dianggarkan “One Villege One Product” Satu Desa Satu Produk unggulan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kab. Bantul dan menarik wisata baik lokal maupun asing.

Menurut Panitia Sdr. Nur Toufik Ketua Pokdarwis Desa Santan acara tersebut diikuti 12 peserta dari Kecamatan-Kecamatan di Daerah Kab. Bantul. Untuk itu kegiatan ini perlu adanya paguyuban sehingga setiap tahun Festifal Gejlok Lesung dan Dolanan anak dapat diselenggarakan secara terus menerus dan dapat diikuti oleh 17 Kecamatan di Kab. Bantul.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Drs. Susanto beserta Ibu, Perwakilan dari Wakil Bupati Bantul dan undangan lainnya serta peserta lomba dari 12 Kelompok Gejlok Lesung se Kab. Bantul ± 300 orang.

Juri dalam Perlombaan tersebut berasal dari Dinas Pariwisata Kab. Bantul, Institut Seni Indonesia (ISI), Komunitas Seniman Malioboro. Hasil Festifal lomba Gejlok lesong ini, sebagai Juara 1 Maharani (Geblak Bantul) mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Rp 1.250 juta, Juara 2 Sukma Laras (Siangan Triharjo Pandak) mendapatkan piala, piagam dan uang Rp 1 Juta, Juara  3 Guyub Rukun (Tegal Sempu Caturharjo Pandak) mendapatkan piala, piagam dan uang Rp 750 ribu, Juara harapan 1 Condro Laras (Kebonagung Imogiri) mendapatkan piagam dan uang Rp 500 ribu dan yang terakhir juara harapan 2 Karya Manunggal (Kalakijo Guwosari Pajangan) mendapatkan piagam dan uang Rp 250 ribu.

Acara festifal ini mendapat pengamanan oleh pesonil Polsek Pajangan hingga berakhir dalam keadaan aman dan tertib. (Humas Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger