KAPOLRES BANTUL HADIRI PEMBUKAAN KASONGAN Art FESTIVAL KE 3 TAHUN 2013

Sabtu, 23 November 20130 komentar



Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK hadiri giat pembukaan Kasongan Art Festifal (KAF) ke 3 tahun 2013 degan tema "Liat Geliat Tanah Liat", sabtu, 23 November  2013 pukul 15.00 Wib.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh masyarakat kawasan desa wisata kasongan dalam wadah KAF 2013 dengan ketua umum Dr.Timbul Raharo,M.Hum dalam rangka event tahunan guna mengembangken dan melestarikan lingkungan, dukung kali bersih,menciptakan mata rantai ekonomi kreatif dan meningkatkan ekonomi masyarakat pengrajin Kasongan.

Hadir dalam kgiatan tersebut  Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX, Perwakilan kementrian Parekraf Dra Wati Nuraini M.Hum, Muspida Kab.Bantul, Muspika Kec.kasihan, Kapolsek Kasihan Kompol Fajar Pamuji, SH, SKPD kota Yogya dan Kab Bantul, Rektor UGM, UNY, ISI Yogyakarta, Kep.Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Kep Pariwisata Yogyakarta dan tamu undangan dan warga sekitar 300 orang.

Acara diisi dengan sambutan-sambutan antara lain Sambutan dari Ketua Panitia Bpk Timbul R menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kreatifitas warga kasongan,degan mendirikan fasilitas fasilitas penunjang seperti home stay, galeri galeri dan hal hal penunjang lainnya.

Wisatawan bisa melihat semua aktifitas dari para pengrajin, sehingga bisa memperlihatkan kepada anak anak bagaimana bisa membuat sesuatu dari tanah liat sehingga bisa menggugah dan mengembangkan kreatifitasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara nikah masal yg diadakan di bawah gerbang kasongan(menikah di dalam guci) dan kegiatan kegiatan lain yg diharap bisa menarik wisatawan dengan berbagai keindahan dari daerah wisata kasongan.

Sambutan dari Kementrian Parekaf Dra wati nuraini M.hum menyampaikan bangga dan terharu atas terlaksananya kegiatan ini, kegiatan ini seolah olah sebagai magnit untuk mendatangkan masyarakat sekitar hadir dalam acara ini, kami mngucapkan selamat.

Tujuan dari adanya kementrian ekonomi kreatif ini, kami ditugasi untuk memfasilitasi even-even seperti ini. Ekonomi kreatif selalu mendorong para pemuda dan pelaku seni untuk lebih kreatif, sehingga bisa ditemukan hal hal baru yg bernilai jual.

Kasongan sebag ikon harusnya lebih dimajukan lagi, wisatawan luar dan dalam agar tau bahwa kasongan adalah memang sentra kerajinan keramik. Banyak pecinta keramik yg memang suka degan produk Kasongan sehinga bisa memjadi devisa negara pada akhirnya nanti.

Dengan adanya acara ini semoga menjadi nilai ekonomis bagi warga sekitar dan mnyadarkan tentang pentingnya kebersihan alam lingkungan sekitar dan menjaganya.

Pada kesempatanya Wakil gubwrnur DIY juga menyampaikan ucapan dan apresiasi kepada panitia dan warga sekalian atas terselenggaranya KAF 2013, semoga berjalan sukses sampai dengan akhir nanti. Perlu kita sadari bersama kerusakan lingkungan akan berdampak pada sekarang, besok dan masa yang akan datang.perlu dilestrikan sehingga akan memberikan manfaat kepada kita sekalian.

Lingkungan yang rusak tidak lagi menyediakan lingkungan yang baik bagi semua mahluk hidup, dan hal ini disebabkan oleh manusia yang memiliki efek paling besar atas kelakuannya merusak lingkungan.

Sebagai akibat dari negara berkembang,Indonesia mengalami kerusakan alam yg berakibat langsung kepada warganya,banyak terjadi bencana alam dan kerusakan alam yg semakin banyak. Empati terhadap lingkungan yg lebih kecil, mulai dari lingkungan sekitar kita hingga ke lingkungan yang lebih luas lagi disinyalir bisa sedikit demi sedikit mampu mengurangi efek efek buruk global warning.

Dengan menjaga lingkungan hidup bisa memberikan harapan kepada anak cucu kita untuk melihat indahnya indonesia di masa mendatang, semoga di Kasongan acara ini bisa memberikan berbagai nilai tambah terhad masyarakat sekitar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan kentongan secara bersama sama sekaligus menandai dimulainya acara KAF 2013.

Adapun rangkaian acara pada hari pembukaan ini adalah pukul 15.00 sd 17.00 wib digelar Jathilan anak anak Turonggo Suro Dusun Beton dan Jathilan Group Turonggo Suro dari Lemahdadi Bangunjiwo Kasihan Bantul di Lapangan Parkir Beton.  Kemudian pada pukul 19.00 sd 23.00 Wib dilaksanakan rangkaian pembukaan KAF 2013 di lapangan parkir Beton degan koorlap Sri Suhartono.

Pengamanan kegiatan dilaksanakan oleh Personil Polres Bantul dan Polsek Kasihan hingga Kegiatan berakhir pada pkl 23.30 Wib dalam keadaan aman. (Humas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger