SAFARI KAMTIBMAS POLRES BANTUL YANG KE 80 DILAKSANAKAN DI GUWOSARI PAJANGAN BANTUL

Jumat, 15 November 20130 komentar



Dalam rangka menciptakan kerjasama yang sinergis dengan masyarakat dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah hukum Polres Bantul, Kasat Shabhara Polres Bantul AKP B. Muryanto mewakili Kapolres Bantul mengadakan Safari Kamtibmas sekaligus meresmikan Pos Kamling di di Dk Dukuh RT 05 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu, 13 November 2013 jam 21.30 Wib.

Acara diawali dengan sambutan Camat Pajangan Drs. Susanto yang menjelaskan Pos keamanan lingkungan (Poskamling) merupakan wahana pengamanan swakarsa untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan disuatu wilayah. Beliau mengaharapkan Bapak-Bapak dari Polres Bantul untuk memberikan motivasi mengenai Poskamling, Pam swakarsa dan cara bertindak dalam mengantisipasi gangguan keamanan.

Pada kesempatan tersebut Kasat Binmas Polres Bantul AKP B. Muryanto menyampaikan bahwa, tahun ini Polres Bantul telah meresmikan sebanyak 80 Pos Kamling yang ada di wilayah Bantul dan dan terakhir adalah Poskamling ini.

Sesuai perkap Nomor 23 Tahun 2007, komponen poskamling adalah FKPM, ketua ronda, petugas ronda yang terdiri dari warga di RT poskamling tersebut laki-laki yang berumur 17 tahun keatas dan kepala keluarga, yang pelaksanaannya diatur sesuai jadwal ronda yang disepakati.

Selain berada di poskamling petugas ronda juga melaksanakan patroli keliling kampung gunanya agar meminimalisir ruang gerak pelaku tindak kejahatan dengan membawa kentongan dan alat pengamanan seperti tongkat.

Mengenai penerangan kampung umum (PKU), satu RT bisa mengajukan proposal PKU dengan diketahui RT, Dukuh, Pak Lurah dan Pak Camat kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Kab. Bantul, dengan membayar pemasangan pertama dan selanjutnya gratis, kemudian listrik PKU tersebut disalurkan untuk menerangi jalan, tempat yang rawan sehingga kampung menjadi terang dan juga mengurangi tindak pencurian, mengurangi laka lantas dan gangguan keamanan lainnya.

Akhir-akhir ini di wilayah Kab. Bantul angka kecelakaan lalulintas meningkat, untuk itu kepada warga masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalulintas yang berlaku, sopan santun di jalan raya dan melengkapi kelengkapan berkendara bermotor.

Sebentar lagi kita menghadapi pesta demokrasi pemilu 2014, untuk itu kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, melaporkan kejadian berkaitan pemilu dan juga menggunakan hak suaranya jangan sampai tidak karena suara anda menentukan masa depan Bangsa Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Polri dan TNI harus netral pada pemilu, kita tidak boleh mencoblos dan juga mempengaruhi seseorang untuk mencoblos partai tertentu.

Yang terakhir pada saat ini sering terjadi tindak pidana penipuan yang terus berkembang seperti mendapat hadiah melalui SMS, gadai motor yang tidak jelas asal-usul kendaraannya, penipuan dengan modus arisan kendaraan dan lain lainya. Apabila warga mendapati hal-hal seperti itu agar berkonsultasi dengan para Ketua RT, Kepala Dukuh, Babinkamtibmas dan Babinsa sehingga kita tidak tertipu, kita harus eling lan waspodo sehingga kita selamat.

Setelah selesai memberikan ceramah Kasat Binmas dipersilahkan untuk memotong tumpeng dan memukul kentongan tanda diresmikan poskamling Dk Dukuh RT 05 Guwosari Pajangan Bantul. Yang mana bangunan Pos kamling ini didirikan dengan biaya swadasa masyarakat setempat dan didirikan diatas tanah milik salah satu Tokoh Masyarakat setempat Bpk. Jaiz.

Selanjutnya Kasat Binmas memberikan tali asih berupa Piagam peresmian Poskamling, lampu kedip pengatur lalu lintas, tongkat dan borgol sebagai kelengkapan poskamling. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan tanya jawab.

Hadir dalam acara tersebut Kasat Binmas AKP B. Muryanto beserta anggotanya, Camat Pajangan Drs. Susanto, Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo, Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Waka Polsek Pajangan Iptu Herlan Budiman, Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng beserta anggotanya, Kepala Desa Guwosari H. Muh. Suharto, Sekdes Desa Guwosari H. Walidan, Kabagpem Desa Guwosari M. Taufik dan dari Masyarakat Dk Dukuh Kepala Dk Dukuh Muhzin Taukhid, Ketua RT 05 Bpk Dahlan, BPD Ikhwan Pribadi, Caleg DPRD Kab. Bantul Anton Wahono, Kiyai Abdul Basir dan warga RT 05 Dk Dukuh ± 40 orang.

Pengamanan dari Polsek Pajangan dan dari Linmas Guwosari. Hingga berakhirnya acara situasi dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger