UPACARA PELAPASAN NAPAK TILAS SEJARAH PERJUANGAN POLRI DI MONUMEN BRIMOB SEDAYU BANTUL

Sabtu, 02 November 20130 komentar



Dalam rangka HUT Brimob ke 68 yang jatuh pada tanggal 14 November 2013 dilaksanakan giat napak tilas sejarah perjuangan Kepolisian Republik Indonesia yang akan melintasi seluruh wilayah Republik Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan napak tilas ini telah dimulai pada 21 Agustus dari Monumen Proklamasi Polisi Istimewa Surabaya oleh Korps Brimob Polri.

Kegiatan napak tilas tersebut dilakukan secara estafet dengan membawa Bendera Merah Putih dan bukti sejarah perjuangan Polri seperti Panji Tri Brata, Pataka Korps Brimob, Surat Panglima Besar Jenderal Sudirman, Naskah Proklamasi Polisi Istimewa serta Pedang Polisi Istimewa.

Untuk wilayah DIY giat napak tilas akan mengambil rute Prambanan kemudian Markas Brimob Baciro, Monumen Rewulu, Sentolo dan sampai di perbatasan Jawa Tengah dan dilanjutkan oleh Personil Brimob Jateng.

Sementara hari Jumat, 01 Nopember 2013 jam 13.30 Wib di Monumen Brimob Dusun Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul dilaksanakan upacara pelepasan pasukan Brimob untuk melaksanakan giat napak tilas tersebut.

Upacara tersebut dihadiri oleh Kasat Brimob Polda DIY AKBP Ajuk Wibowo, SIK, Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK, Dandim 0729 Bantul Letkol Kav. Dedi Setiawan, S.Sos, Kapolsek Sedayu Kompol Darwis, Danramil Sedayu Kapten Sugino, Purnawirawan Brimob, para pejabat Sat Brimob Polda DIY dan pasukan upacara dari Sat Brimob Polda DIY sebanyak 1 (satu) SSK.

Dalam kesempatanya Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK membacakan Naskah Proklamasi Polisi Istimewa yang disusun Moehammad Jasin selaku Inspektur TK I pada 21 Agustus 1945. Sedangkan Dandim 0729 Bantul Letkol Kav. Dedi Setiawan, S.Sos membacakan surat dari Panglima Jenderal Sudirman kepada Moehammad Jasin yang ditandatangani di Yogyakarta pada 14 Agustus 1947.

Selanjutnya dilaksanakan pelepasan 1 Pleton anggota Brimob guna napak tilas sejarah perjuangan Bhayangkara Polri hingga sampai di kecamatan Temon perbatasan wilayah DIY  - Jateng. Yang nantinya ditempat tersebut akan diserah terimakan panji-panji kesatuan kepada pasukan Brimob Jateng kemudian diteruskan secara estafet menuju ke perbatasan jawa Barat hingga berakhir di Markas Brimob Kelapa Dua Jakarta pada 14 November.

Kapolsek Sedayu Kompol Darwis mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menanamkan nilai kejuangan dan mengenang perjuangan setelah kemerdekaan sewaktu Belanda masuk ke Indonesia. (Humas Sedayu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger