APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN PROGO 2013 DI MAPOLRES BANTUL

Sabtu, 21 Desember 20130 komentar



Polres Bantul laksanakan apel gelar pasukan operasi lilin Progo  2013 di halaman Mapolres Bantul, Sabtu, 21 Desember 2013 pukul 08.00 wib. Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK dan dihadiri oleh Muspida kabupaten Bantul, Para pejabat instansi terkait, para perwira, dan para kapolsek. Peserta apel terdiri dari pasukan TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Pol PP Kab. Bantul, PNBB, ormas dan para tamu undangan..

Setelah Kapolres Bantul membuka secara resmi Operasi Lilin Progo 2013 dengan ditandai penyematan pita tanda operasi kepada anggota perwakilan, selanjutnya beliau membacakan amanat Kapolri sebagai berikut, pada kesempatan ini marilah kita tidak henti hentinya memuji keagungan Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa dan mensyukuri segala nikmat yang dikaruniakan kepada kita, sehingga dapat hadir di tempat ini untuk melaksanakan apel gelar pasukan operasi "lllln - 2013" dalam rangka pengamanan natal 2013 dan tahun baru 2014.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini, merupakan tahapan untuk melakukan pengecekan akhir, terhadap kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas, serta keterpaduan unsur terkait dalam pengamanan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, menjelang, pada saat dan pasca perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014.

Hadirin peserta gelar pasukan yang saya hormati, perayaan natal dan tahun baru merupakan momentum penting setiap akhir tahun, yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi kamtibmas, sehingga memerlukan upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari polri, didukung oleh seluruh komponen masyarakat agar kegiatannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Seluruh rangkaian perayaan tersebut, diprediksi akan menyebabkan meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat, terutama di tempat ibadah, jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, obyek wisata, serta jalur lalu llntas lainnya, yang puncaknya akan terjadi pada malam pergantian tahun.

Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas berupa terjadinya beberapa jenis tindak pidana, serta menyebabkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim hujan, akan berimplikasi pada timbulnya bencana banjir dan rusaknya kondisi jalan, yang dapat menghambat mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Menyikapi hal tersebut, Polri harus mampu melakukan manajemen pengamanan secara pelibatan sistematis seluruh dan terpadu, melalui komponen masyarakat, sehingga tercipta situasi yang kondusif dan mendukung terselenggaranya perayaan natal dan tahun baru.

Perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan dan kerawanan yang muncul menjelang, pada saat dan pasca natal 2013 dan tahun baru 2014, polri bersama seluruh stakeholders menggelar operasi "Lilin 2013" selama 10 (sepuluh) hari, terhitung mulai tanggal 23 desember 2013 s.d 1 Januari 2014. Dalam pelaksanaannya, operasi ini mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan inteujen serta penegakan hukum guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pelaksanaan operasi ini, selain menitikberatkan pada antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang dapat mengganggu perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014, juga memfokuskan pada antisipasi terhadap ancaman terorisme. Hal ini disebabkan masih adanya sel - sel terorisme yang aktif melakukan kegiatan, ditandai dengan 4 tertangkapnya para pelaku terorisme di beberapa wilayah tanah air.

Di samping itu, berbagai aksi anarkis, juga menjaoi ancaman yang harus mendapatkan atensi dalam pengamanan natal dan tahun baru. Semua potensi ancaman tersebut, harus mampu diatasi melalui langkah - langkah proaktif dan inovatif, agar seluruh kegiatan masyarakat menjelang akhir tahun 2013, dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

Hadirin peserta gelar pasukan yang saya hormati, pada operasi kali ini, akan diturunkan sebanyak 144.464 personel, yang terdiri dari 92.009 personel polri, 16.982 personel TNI, dan 35.473 personel instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. Gabungan personel tersebut akan oitempatkan pada 1.962 pos pengamanan dan 620 pos pelayanan, yang tergelar di berbagai lokasi perayaan natal dan tahun baru di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat, maka pada pelaksanaan operasi Lilin 2013 ini telah ditetapkan 2 (dua) daerah operasi, yaitu prioritas I meliputi 14 polda dan prioritas II meliputi 17 polda. pergelaran kekuatan personel pengamanan dan pembagian polda prioritas tersebut dilakukan, agar pelaksanaan operasi dapat berjalan secara optimal, serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan natal 2013 dan tahun baru 2014. Melalui optimalisasi operasi "Lilin - 2013" ini diharapkan:

1. Kelancaran lalu lintas pada titik rawan macet lalu lintas (trouble spot) lebih baik dari operasi tahun sebelumnya;

2. angka kecelakaan lalu lintas serta korban meninggal dunia dapat berkurang dari operasi tahun sebelumnya;

3. kondisi kamtibmas yang kondusif dapat tercapai.

Hadirin peserta gelar pasukan yang saya banggakan, keseluruhan tahapan perencanaan dalam rangka pengamanan natal 2013 dan tahun baru 2014 telah dilakukan, yang puncaknya pada pelaksanaan apel gelar pasukan ini. Perencanaan yang sudah balk ini merupakan tahapan yang penting dan utama dalam mencapai keberhasilan operasi. Namun demikian, perlu ditindaklanjuti dengan tahapan pelaksanaan, agar keberhasilan yang diharapkan dalam operasi benar - benar terwujud.

Saya yakin dan optimis, dengan semangat kebersamaan dan keterpaduan, segala permasalahan dan potensi kerawanan dalam pelaksanaan operasi ini, dapat diatasi dengan baik. Oleh karena itu, guna memperkokoh semangat dan komitmen dalam pelaksanaan tugas operasi ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

1. Petakan seluruh potensi kerawanan yang ada, supaya dapat segera dilakukan antisipasi, melalui deteksi dini dengan mengoptimalkan peran intelijen dan bhabinkamtibmas, untuk mengetahui segala fenomena dan dinamika masyarakat, guna mengantisipasi setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

2. Optimalkan pergelaran anggota di tengah - tengah masyarakat, kehadirannya dapat dirasakan sehingga sebagai penolong, pelayan dan sahabat masyarakat serta membantu dan meringankan beban masyarakat. Anggota polri yang bertugas harus dapat menumbuhkan kepekaan dan empati terhadap kesulitan yang dialami masyarakat.

3. Utamakan tindakan simpatik, serta hindari sikap arogan yang tidak mencerminkan jati diri klta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat;

4. Hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun, yang dapat merusak citra dan nama balk institusi. hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik;

5. Berdayakan pelayanan pos pengamanan dan pos pelayanan agar keberadaannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu terciptanya rasa aman dan nyaman dalam kehidupan masyarakat pada perayaan natal dan tahun baru.

6. Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat - tempat ibadah, pusat keramaian, serta kegiatan masyarakat lainnya, yang memanfaatkan momen perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014;

7. perkuat sinergi polisional dengan seluruh stakeholders, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat;

8. Berikan arahan yang jelas kepada seluruh anggota di pengawasan lapangan, serta lakukan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi.

Hadirin peserta gelar pasukan yang say a hormati, sebelum menyampaikan mengakhiri amanat ini, saya apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya apel gelar pasukan operasi "Lilin 2013" ini. Semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk­ Nya kepada kita semua, dalam melaksanakan pengabdian kepada negara, masyarakat, bangsa dan "selamat hari natal 2013 bagi yang merayakan dan selamat tahun baru 2014 serta selamat bertugas" sekian dan terima kasih.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger