ANGIN KENCANG 'LANDA' LIMA KECAMATAN DI BANTUL

Minggu, 12 Januari 20140 komentar



Hujan deras disertai hembusan angin mengakibatkan petaka di sejumlah wilayah di Bantul, Minggu (12/1/2014). Ratusan pohon roboh setelah tidak kuasa menahan  kencangnya hembusan angin yang sangat kencang bersamaan dengan turunnya hujan.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun sejumlah ruas Jalan Parangtritis, Jalan Bantul Gose, Jalan Palbapang Peni  sempat macet total lantaran batang pohon melintang di atas badan jalan. Sementara sejumlah rumah warga mengalami rusak setelah tertimpa batang pohon, serta ada juga yang rusak akibat atap terbawa angin. Untuk mengurai kemacaten tersebut, personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, SAR Parangtritis, petugas Polres Bantul dan Mapolda DIY mengevakuasi batang pohon.

Kesaksian Bripka Arif Solichin, anggota  Sat Lantas Polsek Bantul menyebutkan, sebelum musibah yang merobohkan pohon serta baliho terjadi. Awalnya hujan turun tidak terlalu deras, namun makin lama disertai hembusan angin kencang. Melihat kondisi itu, Arif lantas keluar Pos Lalulintas di Gose Bantul untuk melihat keadaan luar.  Menurutnya, hujan deras disertai angin terjadi sekitar lima menit.  “Begitu hujan turun disertai angin baliho belakang pos ambruk, tetapi tidak ada korban, karena begitu angin  datang saya minta orang menjauh dari baliho,” ujar Arif.

Sementara  pemilik warung gulai Sudimoro di Jalan Ring Road Manding, Ganif Winarno, mengungkapkan angin berembus sangat kencang dibarengi hujan deras. Sehingga pohon trembesi di depan warungnya ambruk menimpa atap. Ganif mengklaim, akibat tertimpa pohon trembesi mengakibatkan kerugian kisaran Rp 5 juta.

Terpisah Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul, Dewanto Dwipoyono SS TP mengungkapkan, bencana angin kencang terjadi di Kecamatan Sewon, Bantul, Bambanglipuro, Pundong serta Imogiri. “Sedikitnya ada lima kecamatan dilanda angin kencang, namun tidak ada korban jiwa, tetapi rumah rusak,” ujarnya

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger