KAPOLRES BANTUL PIMPIN RAT PRIMER KOPERASI BHAKTI YASA BHARA POLRES BANTUL 2013

Selasa, 21 Januari 20140 komentar



Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK pimpin Rapat anggota tahunan primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara Polres Bantul 2013 di Rumah Kampoeng jalan Bantul Pendewoharjo Sewon, Rabu, 21 Januari 2014 pukul 09.00 wib. Rapat ini diselanggarakan dalam rangka tutup buku tahun 2013 dan laporan pertanggungjawaban koperasi.

Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi di tata kehidupan koperasi yang berarti berbagai persoalan mengenai suatu koperasi hanya ditetapkan dalam rapat anggota. Di sini para anggota dapat menyampaikan usul dan pertimbangan, menyetujui suatu usul atau menolaknya, serta memberikan himbauan atau masukan yang berkenaan dengan koperasi.

Hadir dalam rapat ini adalah Kapolres Bantul, Ka Disprindagkop Bantul, Ka Dekopinda Bantul, Direktur KJA Nur Aini, Kapuskoppolda DIY, Wakapolres Bantul, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek Kaprimkopol resor Bantul dan anggota Primkopol jajaran Polres Bantul.

Pengurus Koperasi Bhakti Yasa Bhara berjumlah 8 orang dengan anggota sejumlah 1515 orang. Biarpun pengurusnya terbatas namun koperasi masih tetap bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Dalam sambutan Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK mengucapkan terima kasih  dan selamat kepada pengurus primer koperasi Bhakti Yasa Bhara atas penyelenggaraan rapat anggota tahunan tahun 2014 yang dilaksanakan pada bulan Januari 2014, dimana rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi sebagai pencerminan demokrasi dalam koperasi. Hal ini juga mencerminkan  bahwa koperasi kita ini adalah koperasi yang sehat.

Primkopol adalah salah satu bagian dari Polres Bantul yang bertugas membantu pimpinan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota beserta keluarganya agar dalam menata perekonomian keluarganya menjadi lebih baik menuju keluarga yang sejahtera dan mandiri dengan manajemen yang baik dan pola hidup yang wajar.
bangunan usaha yang sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia adalah koperasi, sehingga koperasi dikatakan sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Inti dari koperasi adalah kerja sama, yaitu kerja sama diantara anggota dan para pengurus dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan perekonomian nasional. Sebagai gerakan ekonomi rakyat, koperasi bukan hanya milik perorangan melainkan juga milik oleh seluruh rakyat indonesia tanpa terkecuali.

Tujuan koperasi memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur  bukan semata-mata mencari laba yang sebesar-besarnya, melainkan melayani kebutuhan bersama dan wadah partisipasi pelaku ekonomi dalam skala kecil.

Sedangkan fungsi koperasi adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya, berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya dan berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Saya ingin mengajak seluruh anggota Koperasi Bhakti Yasa Bhara untuk lebih meningkatkan peran aktif sehingga koperasi yang kita bangakan bersama ini menjadi lebih baik dan dapat terus mengikuti perkembangan dinamikan masyarakat.

Tidak lupa saya atas nama pimpinan Polres Bantul mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada saudara-saudara yang telah menjadi pengurus primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara masa kerja 2012-2014 yang telah membawa koperasi kita ini menjadi lebih maju.

Semoga kepengurusan mendatang dapat mencontoh apa yang telah dilakukan pengurus sebelumnya dan menjadikan koperasi kita ini semakin maju.

Pada kesempatanya Kapuskoppolda DIY dalam sambutanya juga memberikan apresiasi yang setingi tingginya kepada Koperasi Bhakti Yasa Bhara Polres Bantul, ini karena dukungan penuh Kapolres Bantul. Koperasi Bantul adalah koperasi yang terbaik saat ini se Polda DIY, katanya.

Kadis Prindagkop Bantul dalam sambutanya juga mengatakan bahwa dari hasil penilaian tahunan, Koperasi Polres Bantul adalah yang terbaik pada saat ini dan merupakan salah satu koperasi yang besar di Kab. Bantul, aktifitasnya bagus tidak semua koperasi seperti ini, katanya.

Selanjutnya RAT dilanjukan dengan Laporan pertanggungjawaban yang disampaikan KaPrimkopol Polres Bantul dan laporan hasil pemeriksaan Koperasi oleh Kasi Propam Polres Bantul sebagai pengawas Koperasi.

Dalam rapat ini juga diadakan pemberian bantuan Beasiswa kepada pelajar dari tingkat SD hingga SMA yang mendapat prestasi sebanyak 101 pelajar. RAT ditutup dengan pembagaian dorprise kepada anggota. Rat selesai dalam keadaan aman dan tertib pada pukul 12.00 wib.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger