PEMBEKALAN KEPADA LINMAS DESA TRIWIDADI PERSIAPAN PAM PEMILU 2014 DI BALAI DESA TRIWIDADI PAJANGAN

Rabu, 01 Januari 20140 komentar



Menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) Desa Triwidadi dipimpin oleh Komandan Linmas Desa Triwidadi yaitu Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto melakukan konsiladasi dan pembekalan, Minggu 29 Desember 2013 pukul 21.00 Wib.

Pembekalan diberikan oleh Komandan Linmas Desa Triwidadi, Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Kabag Pemerintahan Desa Triwidadi (Korlap Linmas) Bpk. Giyanta, S.Pd, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Bripka Ngadiman dan Babinsa Koramil Pajangan Serma Pardal. Dari undangan sebanyak 65 orang Linmas, hadir dalam acara tersebut sebanyak 54 orang Linmas dari 22 Pedukuhan di Desa Triwidadi.

Lurah Desa Triwidadi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pertemuan tersebut untuk validasi data anggota Linmas Desa Triwidadi dalam mempersipakan diri untuk mengamankan jalannya Pemilu Legislatif dan Presiden 2014 serta untuk pengamanan lainnya. Pertemuan Linmas Desa Triwidadi sekiranya dapat dilakukan sebulan sekali. Linmas digunakan dalam setiap pengamanan kegiatan baik itu pertemuan, kesenian dan kegiatan lainnya di Desa maupun di lingkunganya. Linmas merupakan ujung tombak, untuk kesejahteraannya perlu bersabar, semoga dengan kita menanam budi nantinya anak cucu kita yang memanennya.

Pada Pemilu bulan April 2014, Desa Triwidadi akan mempunyai TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 26 TPS, Linmas ditugaskan untuk mengamankan jalannya Pemilihan dan Pengamanan Logistik Pemilu dan pengamanan hasil dari pemilihan. Linmas akan dilibatkan dalam mengawal hasil kotak suara bersama Polri maupun TNI yang dilibatkan pengamanan di lokasi TPS tersebut, hal ini akan disampaikan saat pembekalan KPPS Pemilu 2014 pada bulan Maret 2014 nantinya.

Mengenai usia Linmas menurut Lurah Desa Triwidadi belum ada peraturan yang mengaturnya, selama masih mampu bertugas dan belum mengundurkan diri secara pribadi belum diganti.

Kanit Binmas Polsek Pajangan ipda Muh. Sugeng dalam sambutannya menambahkan bahwa sesuai Permendagri Nomor 10 Tahun 2009, Linmas dilibatkan dalam pengamanan pemilihan umum guna menjamin ketentraman, ketertiban dan keamanannya. Dalam pengamanan Pemilu 2014 nantinya Linmas merupakan ujung tombak pengamanan, Linmas akan bekerja bersama-sama dengan Polisi dan TNI serta unsur terkait lainnya dalam mengamankan setiap pentahapan Pemilu 2014 sampai dengan selesainya Pemilu 2014. Lakukan koordinasi dengan baik sejak dini, baik itu masalah-masalah sosial di masyarakat dengan pihak terkait sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.

Babinsa Koramil Pajangan Serma Pardal dalam kesempatan tersebut menambahkan perlunya komunikasi dan pertemuan bulanan untuk membicarakan permasalahan keamanan terkini dan pembinaan Linmas Desa Triwidadi serta menyambung silaturohmi antar Linmas.

Kabag Pemerintahan Desa Triwidadi menyampaikan tugas dan fungsi Linmas di kab. Bantul. Tugas Linmas diantaranya membantu upaya pertahanan negara (UU Nomor 27 Tahun 1997), Membantu penangulangan Bencana (UU Nomor 24 Tahun 2007 dan Kepres No. 55 Tahun 1972), Membantu dalam Pemilu/Pemilukada (UU Nomor 8 Tahun 2002 Pasal 52 ayat 4) dan membantu kemanan dan ketertiban umum.

Sedangkan untuk fungsi Linmas sebagai mobilitas yang sewaktu-waktu siap dikerahkan dalam membantu penyelenggaraan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan Sebagai ujung Tombak / garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat di bidang kemanan, ketahanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat. Ia mengharapkan dengan mengerti tugas dan fungsi Linmas, setiap anggota Linmas dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan porsinya dalam kehidupan sehari-hari. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger