BHAKTI SOSIAL MAHASISWA IPB DIBALAI DESA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL

Minggu, 02 Februari 20140 komentar



Mahasiswa Analis Kimia Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan giat bhakti sosial di Balai Desa Triwidadi Pajangan Bantul, Kamis, 30 Januari 2014 pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Kasihumas Aiptu Sunarto, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman, Bpk. Kepala Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Mahasiswa IPB dan Dosen Pendamping dipimpin Bpk. Hari Noviandi, Pemberi materi Presentasi M. Arif S.Pi dari IPB, para Kepala Dukuh Desa Triwidadi dan Tamu Undangan jumlah ± 35 orang.

Dosen Pendamping dari IPB BpkHari Noviandi menyampaikan maksud kedatangannya ke Desa Triwidadi dalam rangka Bhakti Sosial dengan memberikan Ilmu dibidang budidaya ikan yang didapat mahasiswa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Triwidadi dan ketahanan pangan.

Kepala Desa Triwidadi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Dosen Pendamping dan Mahasiswa Analis Kimia Program Diploma IPB. Ia mengatakan Selama ini potensi dibidang pertanian saja yang dikembangkan di Desa Triwidadi. Banyak potensi perikanan di Desa Triwidadi yang perlu digali dan dimanfaatkan untuk peningkatan ketahanan pangan, dikarenakan terbentur oleh kendala sumber air dan kandungan kapur dalam air terlalu tinggi, harapannya masalah tersebut dapat diatasi dengan adanya kegiatan ini.

Kanit Binmas dalam kesempatan tersebut menyambut baik Mahasiswa dari IPB yang melakukan Bhakti Sosial di Desa Triwidadi. Dan harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mengurangi pengangguran, meningkatkan ketahanan pangan serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pajangan dan Desa Triwidadi khususnya.

Dalam penyampaian materi yang berjudul “Memanen Rezeki dari Budidaya Ikan Lele” oleh Bpk. M. Arif S.Pi adalah ikan lele lebih tahan dari berbagai kondisi alam yang sulit dan cocok untuk komuditas budidaya. Budidaya dimaksudkan mulai dari kita tanam, kita rawat, kita jaga dan kita panen hasilnya.

Selanjutnya beliau menyampaikan materi membudidayakan ikan lele kepada hadirin. Penyampaian materi diantaranya adalah mulai dari pemilihan bibit lele yang unggul, pemeliharaan, tempat budidaya,  menghilangkan kandungan kimia di dalam air, menghilangkan penyakit pada ikan dengan memanfaatkan tanaman obat, mengurangi kadar kapur dengan menggunakan tanaman enceng gondok dan daun ketapang dan lain lainya.

Selanjutnya acara ditutup denga sesi tanya jawab, dalam kesempatanya Kasihumas Polsek Pajangan mengharapakan kedepan kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan KKN terutama bidang pertanian dan perikanan karena di Dk Gampeng ada yang mempunyai 16 kolam yang belum dimanfaatkan dikarenakan sering gagal panen dan masalah pendanaan. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger