MEMBANGUN SINERGI DALAM MENGANTISIPASI KERAWANAN PILPRES

Sabtu, 31 Mei 20140 komentar



Sebagaimana diamanatkan dalam Undang - undang Nomor 2Tahun 2002 tentang Kepolisian, Polri bertugas melakukan pemeliharaan kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Implementasi dari pelaksanaan tugas tersebut diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan dan operasi kepolisian, termasuk pengamanan Pemilu tahun 2014.

Pada setiap tahapan pemilu memiliki berbagai kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Kerawanan tersebut apabila tidak dikelola dengan baik, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap sendi – sendi kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu pada Tahun 2009, terdapat beberapa kerawanan yang mungkin dapat terjadikembali selama penyelenggaraan Pilpres tahun 2014 ini, yaitu antara lain :

- Adanya protes dari Tim Sukes salah satu Capres/Cawapres yang mendahului atau mencuri start kampanye, melakukan kampanye ilegal dengan membangun citra negatif terhadap lawan politiknya melalui media cetak dan elektronik serta media on line;
- Adanya keberpihakan dari penyelenggara pemilu dalam melakukan tindakan terhadap pelanggaran selama kampanye yang dapat memicu aksi protes;
- Adanya rusuh masal antar pendukung Capres/Cawapres yang dapat berakibat jatuhnya korban jiwa;
- Adanya sabotase, teror terhadap Capres/Cawapres, penculikan dan sebagainya;
- Pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan kampanye dan peningkatan kejahatan konvensional lainnya.

Kita menyadari bersama bahwa dalam Pilprestahun 2014 ini terdapat2 (dua) pasangan Capres/Cawapres yang menjadi peserta pemilu danakan membawa berbagai program, ide serta gagasan. Disini masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dituntut untuk cerdas menentukan pilihannya. Bukan hanyut pada fanatisme kelompoknya tanpa menyadari bahwa perbedaan adalah sesuatu yang wajar adanya dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu, polri mengajak kepada semua pihak untuk bersinergi meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan konflik yang bersumber dari hal – hal tersebut diatas, khususnya terhadap para pelaksana kampanye dan penyelenggara pemilu. Keberhasilan dalam mengeliminir kerawanan melalui sinergi antara polri dan semua stakeholder akan memberikan keuntungan kepada semua pihak, dan akan menjadi awal yang baik dalam sejarah pesta demokrasi di negara kita.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger