“TIM SUKSES” , BEDA HALUAN TETAPI HARUS TETAP JAGA KERUKUNAN

Minggu, 25 Mei 20140 komentar



Setelah pasangan Capres dan Cawapres resmi mendaftarkan diri di KPU pada tanggal 19 Mei 2014 dalam rangka Pilpres, masing – masing partai yang mengusungnya mulai membentuk Tim Sukses mulai dari pusat sampai dengan daerah. Pada Pilpres tahun 2014 ini baru terdaftar dua pasangan Capres/Cawapres, sehingga otomatis akan ada dua Tim sukses yang berbeda.

Keberadaan tim sukses ditambah dengan adanya aksi para relawan yang mendeklarasikan dirinya sebagai pendukung salah satu Capres menjadi pusat perhatian kita bersama, karena peran mereka sangat penting dalam pemenangan Pilpres yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2014. Tugas pokok para Tim sukses hanya satu, yaitu kemenangan bagi Capres yang didukungnya. Berbagai metode dan strategi akan ditempuh oleh masing – masing Tim sukses dalam rangka mencapai tujuannya.

Kondisi ini akan meningkatkan panasnya suhu persaingan antar kubu yang berbeda haluan, sehingga hal ini tentu dapat menjadi potensi gangguan keamanan dan konflik di masyarakat.

Kedewasaan dan kematangan tim sukses tentu menjadi salah satu penentu bagaimana persaingan tersebut bukan menjadi pemicu terjadinya konflik, tetapi tetap bersaing secara sehat dengan cara – cara yang cerdas dan elegan. Hal ini tentu bukan cara yang mudah, karena untuk berbuat yang benar dalam mencapai tujuan memerlukan komitmen yang tinggi terhadap aturan yang ada, bukan menggunakan jalan pintas (short cut) tetapi menyalahi ketentuan.

Saat ini adalah pelajaran penting bagi bangsa kita untuk memahami adanya perbedaan, bukan memperuncing perbedaan menjadi konflik yang destruktif. Walaupun pada dasarnya, menurut Sosiolog Lewis A. Coser, masyarakat tidak akan terlepas dari konflik.

Kita semua berharap semoga perbedaan dukungan tetap menjadi sarana untuk menjaga kerukunan, agar masyarakat tetap dapat beraktifitas dengan aman dan tentram.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger