BUPATI BANTUL RESMIKAN SHOWROOM BATIK PANDAK DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN PANDAK

Rabu, 25 Juni 20140 komentar



Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-183 Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati meresmikan Showroom Batik Pandak di Desa Wijirejo, Pandak, Bantul pada hari Selasa, 24 Juni 2014.

Rombongan Bupati tiba di lokasi pada pukul 10.00 Wib. Turut serta dalam rombongan Bupati unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul seperti Sekda  Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, M.Si, Kadis Perindagkop Drs. Sulistiyanto, M.Pd, Kabag Sumda Polres Bantul Kompol Bambang Sudaryanto yang mewakili Kapolres Bantul, perwakilan dari Kodim 0729/Bantul, serta para Staf Ahli dan Asisten Kabupaten Bantul. Rombongan Bupati disambut oleh Muspika Kecamatan Pandak, seperti Camat Pandak Drs. Agus Sulistiyono, MM, Kapolsek Pandak AKP Paimun, SH, Danramil Pandak, Kapten Inf. Diya S dan Lurah Desa se-Kecamatan Pandak.
 
Didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul dan disaksikan oleh Muspika Kecamatan Pandak serta segenap tamu undangan yang hadir, Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati menandatangani prasasti peresmian Showroom Batik Pandak. Keberadaan Showroom Batik Pandak tersebut bertujuan mempertahankan eksistensi keberadaan pengrajin batik di Pandak serta sebagai upaya meningkatkan daya saing pengrajin batik kelas menengah ke bawah agar tetap mampu bertahan dengan cara hasil karyanya ditampung dan dipajang di dalam Showroom Batik Pandak untuk ditawarkan kepada konsumen. Dalam kesempatan ini juga, Bupati didaulat memotong tali sebagai pertanda bahwa gedung Showroom Batik Pandak telah resmi dibuka.
 
Setelah meresmikan gedung Showroom Batik Pandak, rombongan Bupati menuju ke Kantor Kecamatan Pandak. Masih dalam rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-183, disana rencana Bupati akan meresmikan kegiatan  pembangunan yang ada di Kantor Kecamatan Pandak. Camat Pandak, Drs. Agus Sulistiyono, MM dalam sambutannya melaporkan bahwa, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kecamatan Pandak telah selesai membangun tiga gedung yaitu gedung PATEN, gedung Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB).

“PATEN kepanjangan dari Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, dimana layanan ini bertujuan memberikan pelayanan pembuatan dokumen administrasi secara terpadu di satu atap yaitu kecamatan, bila sebelumnya masyarakat mengurus atau membuat dokumen langsung ke Kantor Pemerintah Kabupaten Bantul, maka dengan adanya PATEN masyarakat hanya cukup datang ke Kantor Kecamatan Pandak. Lalu, dokumen apa saja yang dilayani? Dokumen yang dapat dilayani banyak, seperti pembuatan surat ijin usaha, akte kelahiran, dan lainnya,”terang Camat Pandak.

PATEN seperti dikatakan Camat Pandak ingin memudahkan layanan kepada masyarakat, sehingga diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang lokasinya jauh dari akses Pemkab Bantul, nantinya Pemkab Bantul lah yang akan mendatangi kantor-kantor kecamatan untuk mengakses data masyarakat.

“UPK adalah unit yang mengelola operasional kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan. Tujuan dibangunya gedung ini adalah demi memudahkan masyarakat dalam mendorong transparansi dalam pengelolaan keuangan, pengelolaan pinjaman, perkembangan program dan informasi lainnya melalui papan informasi dan menyampaikan secara langsung kepada pihak yang membutuhkan. Dan melakukan fasilitasi bersama pelaku lain menyangkut penyelesaian permasalahan-permasalahan yang menyangkut perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian PNPM Mandiri Perdesaan,”lanjut Camat Pandak

“Selain membangun dua gedung tersebut di atas, Pemerintah Kecamatan Pandak juga membangun gedung Balai Penyuluhan KB. Saya mengharapkan bahwa keberadaan Balai Penyuluhan KB ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai informasi mengenai keluarga berencana. Keberadaan balai penyuluhan ini harus dioptimalkan untuk pembinaan dan penyuluhan sehingga berdampak pada pemenuhan KB Baru dan KB Aktif serta meningkatkan pengembangan dan ketahanan keluarga seperti BKB, BKR, BKL, UPPKS dan PIK-Remaja,”imbuh Camat Pandak.

Didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul dan disaksikan oleh Muspika Kecamatan Pandak serta segenap tamu undangan yang hadir, Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati menandatangani prasasti peresmian tiga gedung yang telah dibangun oleh Pemerintah Kecamatan Pandak tersebut. Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Pandak yang telah membangun tiga unit gedung yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Bupati juga meminta agar seluruh aparatur yang ada di Kabupaten Bantul meningkatkan kinerjanya. Peningkatan kinerja dimaksudkan Bupati agar profesionalisme pelayanan publik semakin baik.

Dalam serangkaian kegiatan ini Kapolsek Pandak AKP Paimun menerjunkan anggotanya untuk melaksanakan pengamanan dengan masksud kegiatan bisa berjalan lancar dan tertib. (Sihumas Pandak)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger