DUKUH KADIRESO TRIWIDADI PAJANGAN KAWASAN BEBAS PETASAN

Rabu, 18 Juni 20140 komentar

Selasa, 17 Juni 2014 jam 20.00 Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan dipimpin Kanitnya menghadiri pertemuan warga pedukuhan Kadireso Triwidadi Pajangan di Pendopo Budaya Kalimosodo Dk Kadireso Triwidadi Pajangan Bantul.

Acara diprakarsai oleh pemuda Karang taruna Dk. Kadireso dan LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Triwidadi Dk Kadireso. Acara dihadiri oleh Sekretaris Karang taruna Dk. Kadireso Bpk. Agus, LPMD Kadireso Miskijan, Kepala Dukuh kadireso Bpk. Suyadi, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan Ibu penggerak PKK Dk. Kadireso sejumlah 30 orang.

Mengawali sambutannya Bhabinkamtibas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman menyambut baik inisiatif dari KArang Taruna dan LPMD Dk Kadireso Desa Triwidadi tersebut. Ia juga menyampaikan agar warga Dk. Kadireso yang hadir mendukung dan membantu pelaksanaan Pilpres 2014 berjalan dengan aman tertib dan lancar sehingga suskses.

Bpk. Agus dari Karang Taruna pada kesempatan tersebut meminta penjelasan dari Polsek Pajangan mengenai larangan membunyikan petasan yang berkaitan dengan warga Dk. Kadireso yang mencanangkan program kawasannya bebas dari Petasan.

Aiptu Subari menjelaskan bahwa orang yang membuat, menerima, memperoleh/menyerahkan, menguasai, membawa, memiliki, menyimpan, mengangkut dan dengan sengaja membunyikan petasan sehingga menimbulkan ledakkan dapat dikenakan tindak Pidana Pasal 187 KUHP, Pasal 188 KUHP, Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951Pasal 1 dan Pasal 2, Lembar Negara No. 41 Tahun 1940 hingga pada Undang-undang Terorisme.

Dilihat dari segi negatifnya menyalakan petasan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan seseorang bahkan hingga kematian, menimbulkan kebakaran, menimbulkan tawuran masyarakat, mengganggu ketertiban umum dan mengganggu kekhusukan dalam beribadah. Permasalahan yang ditimbulkan dari pencanangan kawasan bebas petasan Dk Kadireso Triwidadi harus mengedepankan penyelesaian secara kekeluargaan dan apabila tidak terselesaikan dapat dilaporkan ke Polsek Pajangan.

Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto menghimbau kepada warga masyarakat Dk Kadireso untuk mendukung program kawasan bebas petasan yang dicanangkan tersebut, warga masyarakat sekitar pedukuhan Kadireso Triwidadi diharapkan menghormati dan mendukung pencanangan tersebut. Kasihumas mengharapkan agar pedukuhan lainnya di wilayah Kec. Pajangan dapat mengikuti jejak yang dilakukan Karang Taruna dan LPMD Dk Kadireso Triwidadi Pajangan tersebut untuk membuat kawasan bebas petasan.

Karang Taruna dan LPMD Dk Kadireso yang disampaikan Bpk. Agus rencananya akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakatnya dengan cara memasang spanduk dan banner tentang kawasan Dk kadireso bebas dari petasan, penyebaran nota kesepakatan kepada warga masyarakatnya, memberikan himbauan dan mengingatkan kepada warganya pada Sholat Tarawih, Sholat Subuh dan saat ngaji di TPA dan saling mengingatkan / menasehati apabila ada warga yang kedapatan menyulut petasan.

Dk kadireso Triwidadi Pajangan selain mencanangkan program kawasan bebas petasan di pedukuhan tersebut sebelumnya telah dicanangkan kawasan bebas rokok.

Hingga selesainya acara pertemuan warga DK Kadireso membahas program kawasan anti petasan berakhir dalam situasi kondusif aman. (Sihumas Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger