POLSEK KRETEK AMANKAN KEGIATAN TRADISI DI MANCINGAN

Selasa, 24 Juni 20140 komentar



Kapolsek Kretek Kompol Maryadi menerjunkan anggotanya untuk mengawal jalannya kegiatan Tradisi bekti pertiwi pisungsung jaladri yang digelar oleh masyarakat Mancingan, Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Selasa, 24 Juni 2014.

Tradisi tersebut diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur dan harapan masyarakat di delapan RT agar diberi kemudahan dan keselamatan dalam menjalani kehidupan ini.

Ketua RT 01 Mancingan Parangtritis, Parang Sujarwo yang juga panitia mengungkapkan, acara tersebut melibatkan ratusan warga dari RT 01 hingga RT 08. “Manusia hidup di dunia ini harus menyadari bahwa alam ini sudah memberikan isinya untuk kesejahteraan umat manusia,” ujarnya disela kegiatan.

Proses upcara tersebut dimulai dari RT 01 kemudian memutar mengelilingi kawasan  Manicingan. Setelah itu upacara dilanjutkan bekti periwi digelar di Joglo Pangtritis. Selesai prosesi selanjutnya bregada menuju Parangkusumo degan menyusuri pantai untuk menggelar pisungsung jaladri. Doa di Joglo Parangtritis dipimpin rais Mancingan Nur Aninin sementara di Parangkusumo dipimpin  seorang juru kunci. (Sihumas Kretek)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger