POLSEK PANDAK AMANKAN RANGKAIAN KEGIATAN NYADRAN MAKAM SEWU 2014

Selasa, 24 Juni 20140 komentar



Kapolsek Pandak, AKP Paimun, SH memimpin anggotanya guna mengamankan kegiatan Kirab Arak Jodhang yang merupakan puncak acara dari Nyadran Makam Sewu 2014 pada hari Senin,  23 Juni 2014 pukul 13. 00 Wib.

Nyadran Makam sewu merupakan kegiatan rutin tahunan warga Desa Wijirejo dan sekitarnya dalam rangka menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1435 H. Kegiatan ini bahkan telah menjadi agenda rutin Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Rangkaian acara Nyadran Makam Sewu telah dimulai sejak hari Minggu tanggal 22 Juni 2014 pukul 06.00 Wib. Bertempat pendopo Makam sewu, rangkaian kegiatan Nyadran Makam Sewu diawali dengan Semaan Al Qur’an, dilanjutkan dengan pengajian yang diisi oleh KH. Drs Damanhuri. Dalam kegiatan ini hadir Camat Pandak Drs. Agus Sulistiyono, MM, Kapolsek Pandak AKP Paimun, SH dan Danramil Pandak Kapten (Inf) Diya S.  Pada hari Senin,  23 Juni 2014 pukul 08.30 s/d 10.00 Wib dilanjutkan dengan kegiatan dzikir dan pengajian yang diisi oleh KH Drs. Habib A.S. M.Ag.

Kirab Arak Jodhang menjadi puncak acara dari acara Nyadran Makam Sewu 2014. Jodhang yang berarti kotak panjang yang bentuknya mirip keranda biasa dipakai untuk tempat panganan dan barang-barang pinangan diarak dari Balai Desa Wijirejo menuju ke Makam Sewu. Acara ini mendapat perhatian khusus dari Polsek Pandak, mengingat antusiasme tinggi warga masyarakat yang ingin menyaksikan arak-arakan jodhang tersebut. Kapolsek Pandak memimpin langsung pengawalan arak-arakan Jodhang hingga ke tujuan.

Sesampainya di Makam Sewu, Jodhang yang diarak kemudian disusun dengan rapi. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Desa Wijirejo, H Tjipto Widodo. Dalam sambutannya H. Tjipto Widodo mengucapakan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan segenap tenaga dan pikiran untuk menggelar rangkaian acara Nyadran Makam Sewu. Setelah sambutan Lurah Desa Wijirejo acara kemudian dilanjutkan dengan dzikir dan tahlil yang dipimpin oleh M. Judi Martono. Acara kemudian ditutup dengan acara tabur bunga ke makam-makam para leluhur Desa Wijirejo dan sekitarnya.

Guna mengamankan rangkaian kegiatan Nyadran Makam Sewu 2014, Polsek Pandak juga menempatkan personelnya ditempat-tempat yang rawan terjadi kemacetan. Mengingat jalan yang dilalui oleh rombongan Kirab Arak Jodhang merupakan jalan yang sering dilalaui oleh truck pengangkut pasir. Dalam mengamankan kegiatan puncak acara Nyadran Makam Sewu 2014, Polsek Pandak juga dibantu oleh FKPM desa Wijirejo. (Sihumas Pandak)
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger