PENEMUAN KERANGKA BINATANG PURBA DI NGUMBUL TAMANAN BANGUNTAPAN

Jumat, 18 Juli 20140 komentar



Menindak lanjuti adanya penemuan fosil / kerangka (tulang belulang) Kapolsek Banguntapan Kompol Sudarsono bersama Muspika Banguntapan cek langsung ke lokasi penemuan fosil tersebut di pekarangan milik warga Dwi Widagdo (54 tahun), Ngumbul Rt. 01 Tamanan Banguntapan, Jumat, 18 Juli 2014 jam : 08.40 Wib.

Kapolsek Banguntapan menjelaskan, saat Tri Wisoro dan  Alip Giyono (pekerja bangunan) menggali tanah untuk pembangunan rumah milik Dwi Widagdo dengan kedalaman 1 meter tiba tiba cangkul mengenai benda keras. Karena curiga dan pingin tahu kemudian mereka menilitinya dan ternyata ditemukan tulang belulang, jelas Kapolsek.

Pikir mereka bilamana tulang tulang tersebut adalah tulang manusia maka akan dilaporkan kepada yang berwajib, selanjutnya akan dipindahkan untuk dikubur menurut adat setempat.  Dengan hati hati dan teliti mereka terus menggali tanah hingga menemukan tulang tersusun rapi seperti binatang purba (mirip Dinosaurus), lanjut Kapolsek.

Kejadian penemuan kerangka tersebut mengundang perhatian warga diantaranya Wisnu Saputro yang langsung memberitahukan adanya penemuan fosil/kerangka ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) kalasan sore harinya sekira jam : 17.00 wib.

Keesokan harinya Jum'at tanggal 18 Juli 2014 sekira jam : 09.30 wib  laporan tersebut baru direspon dari petugas BPCB yang dipimpin Dra.Y Indarti Nur Widayati denga anggota Yoses Tansaq,S.s, Sukemi, Suwarsono, Dwi Hastono dan Dian Ariyanto.

Menurut keterangan Dra. Y Indarti Nur Widayati bahwa dari petugas BPCB sementara hanya melakukan tindakan sebatas peninjauan dan pendataan bagian bagian tulang serta memberi batas lokasi dengan patok dan tali rafia guna pengamanan lokasi tulang binatang purba yang ditemukan.

Untuk identifikasi menentukan apakah yg ditemukan itu tulang binatang purba atau bukan tentunya perlu waktu, jadi tidak bisa ditentukan sekarang baik jenis binatang  maupun tahun kehidupan binatang tersebut, sedangkan tulang yang sebagian dikumpulkan masih diamankan di rumah Dwi Widagdo. Demikian laporan sementara penemuan tulang binatang purba. (Sihumas Banguntapan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger