POLRI BANTU IDENTIFIKASI KORBAN MH 17

Rabu, 23 Juli 20140 komentar



Ditengah suasana menunggu hasil rekapitulasi suara secara nasional Pilpres 2014, kita turut berduka dengan adanya kabar pesawat udara MH 17 yang membawa penumpang berjumlah 298 orang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur jatuh di wilayah Ukraina pada tanggal 17 Juli 2014. Semua penumpang tewas dalam peristiwa tersebut, termasuk 12 orang penumpang kemungkinan berkewarganegaraan Indonesia. Informasi yang berkembang, jatuhnya pesawat milik salah satu maskapai penerbangan Malaysia tersebut diduga karena ditembak.
Apapun yang menyebabkan jatuhnya pesawat tersebut, adanya daftar penumpang WNI yang menjadi Korban di pesawat MH 17 tersebut menuntut Polri untuk turut serta melibatkan diri dalam proses investigasi dan identifikasi korban.

Tim Disaster Victim Identification (DVI) milik Polri bersama dengan bantuan Kementerian Luar Negeri telah pro aktif melakukan pengambilan sampel darah keluarga korban guna dicocokkan dengan korban yang ditemukan disekitar tempat kejadian jatuhnya pesawat MH 17 tersebut. Proses identifikasi ini perlu dilakukan untuk berbagai kepentingan, selain untuk mencocokkan antara jumlah korban yang ada di dalam manifest penerbangan, juga untuk kepentingan administrasi ketika akan melakukan evakuasi ke negara mana jenazah korban tersebut akan dibawa.

Di samping itu juga, proses investigasi secara menyeluruh terhadap jatuhnya pesawat tersebut tentu memerlukan hasil identifikasi dari Tim DVI tersebut.
Satu hal yang masih menjadi masalah dalam proses identifikasi dan investigasi jatuhnya pesawat tersebut adalah wilayah dimana puing - puing pesawat MH 17 ditemukan merupakan zona berbahaya yang menjadi wilayah konflik antara Pemerintah Ukraina dengan pihak pemberontak pro Rusia.

Kita semua berdoa semoga proses investigasi dan identifikasi terhadap pesawat MH 17 tersebut dapat berjalan dengan lancar guna memberikan kepastian informasi kepada publik.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger