RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN OPERASI TERPUSAT KETUPAT PROGO 2014 DI KABUPATEN BANTUL

Kamis, 17 Juli 20140 komentar



Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK adakan rapat Koordinasi dalam rangka persiapan operasi terpusat Ketupat Progo 2014 di gedung induk Parasamya komplek Kabupaten Bantul, Rabu Pagi, 15 Juli 2014.

Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan pola pengamanan dan menggali informasi dan masukan tentang kesiapan sarana angkutan, prasarana atau infrastruktur dan situasi Kamtibmas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijrah di wilayah Bantul.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Bupati dan Wabub Bantul, Komandan Kodim 0729 Bantul, Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Bantul,  Dinas Perhubungan, Pol PP, PLN, PMI, Dinas Pariwisata, Banser, Senkom, Orari, Pramuka, DPU, Pemadam kebakaran dan lain lainya.

Operasi terpusat ketupat Progo 2014 bertujuan untuk mewujudkan kondisi kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat yang akan merayakan idhul fitri 1435 H serta menciptakan kondisi arus lalu lintas yang aman dan lancar tanpa adanya kemacetan agar para pemudik merasa nyaman, lancar bila melewati maupun memasuki wilayah Kab. Bantul.

Materi yang disampaikan dalam Rakor Pengamanan Lebaran Idhul Fitri 1435 H ini mengenai kesiapan sarana angkutan dan prasarana jalan yang khususnya jalur Pariwisata serta jalur alternatif. Lalu membahas ketersedian pasokan bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok lainya. Selain itu, menyelaraskan pola pengamanan di wilayah hukum Polres Bantul.

Dalam paparanya Kapolres Bantul menyampaikan Polres Bantul akan melakukan pengamanan lebaran mulai dari H -7 sampai dengan H +7 selama 16 hari dengan mengerahkan personil Polri sebanyak dua pertiga kekuatan yang ada di Polres Bantul serta mendirikan sebuah Pos pelayanan di Druwo dan Pos Pam sebanyak 5 pos di Srandakan, Sedayu, Kretek, Ketandan dan Piyungan. Selain itu juga Polres Bantul akan mendirikan sebanyak 14 Pos Pantau dengan penanggungjawab para Kapolsek setempat.

Untuk pengamanan, Polisi akan menempatkan personil baik terbuka maupun tertutup yang berseragam maupun tidak berseragam untuk patroli dan mengamankan provit opvit baik perumahan, kampus, daerah daerah wisata, kantor kantor dan sekolahan.

Sedangkan dari Dishub Bantul akan menghimbau kepada pengemudi truck yang bermuatan berat selama H-4 dan H+1 untuk tidak memasuki jalan utama kecuali truck pengangkut BBM serta truck sembako agar tidak terjadi kemacetan yang panjang.

Untuk pengamanan sepanjang jalur utama, Dishub akan menerjunkan petugas dishub untuk membantu kenyamanan pengendara di jalan jalan utama, untuk rangkaian jalur yang padat, Dishub Bantul sudah membuat jalur alternatif  bilamana terjadi kemacetan.

Dari Dinas Kesehatan bahwa untuk puskesmas puskesmas di wilayah Bantul akan buka selama 24 jam full selama H-3 dan H+3 selain itu juga dari Dinkes Bantul juga akan menempatkan personilnya di Pospam pospam bergabung dengan personil dari Polri dan instansi lainya untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat / warga.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger