WASPADA TERHADAP KEJAHATAN SEBELUM DAN SESUDAH LEBARAN

Kamis, 17 Juli 20140 komentar



Hati - hati dan waspada, jangan sampai kita menjadi Korban kejahatan, apa lagi menjadi pelaku kejahatan.

Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat untuk melakukan kejahatan saja, tetapi juga karena didukung oleh adanya kesempatan. Menutup peluang atau kesempatan dari pelaku kejahatan untuk melaksanakan niatnya, diawali dari kewaspadaan diri sendiri terhadap lingkungan di sekitar kita.

Saat ini masyarakat Indonesia yang beragama Islam sedang menjelaskan Ibadah Puasa dan tidak lama lagi akan merayakan hari Raya Idul Fitri. Tradisi pulang kampung menjadi salah satu kalender tetap bagi masyarakat Indonesia. Khususnya yang tinggal di perkotaan akan meninggalkan rumahnya untuk beberapa waktu, karena pulang ke kampung halamannya.

Kondisi ini merupakan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk melaksanakan niatnya. Pelaku biasanya dengan berbagai cara membongkar dan masuk ke dalam rumahnya mengambil barang - barang berharga. Ada yang dilakukan dengan berkelompok, ada juga perorangan.

Oleh karena itu, Mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap diri dan lingkungan kita. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah bertemunya niat untuk berbuat jahat ketika ada kesempatan untuk melakukan kejahatan. Kekompakan dengan tentangga disekililing rumah kita mungkin salah satu upaya pencegahan. Kita bisa menitipkan kepada tentangga yang tidak pulang kampung untuk mengawasi rumah kita. Semoga semua niat dari para pelaku kejahatan tidak pernah bertemu dengan kesempatan yang ada.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger