PENGAMANAN PENTAS JATHILAN DAN KETOPRAK DI DUSUN GAMPENG PAJANGAN

Minggu, 31 Agustus 20140 komentar



Personil Polsek Pajangan dipimpin Kasihumas Aiptu Sunarto melaksanakan pengamanan pertunjukan kesenian Ketoprak dan Jathilan di rumah Bpk. Harso Sungkono Dk. Gampeng Rt 01 Triwidadi Pajangan Bantul, Jumat, 28 Agustus 2014 sekira jam 20.00 Wib.

Acara dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 69 oleh warga pedukuhan Gampeng Triwidadi. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dukuh Gampeng, Kepala Dukuh Guwo, Kepala Dukuh Blabak, para Ketua Rt di Gampeng, Tomas dan lebih kurang 1000 warga masyarakat Gampeng dan sekitarnya.

Pertunjukkan Ketoprak pada malam tersebut dipentaskan dari group "Pamitra Budaya" pimpinan Bpk. Harso Sungkono (tuan rumah) sedangkan pertunjukkan Jathilan dipentaskan oleh "Kudho Jati Kumoro" pimpinan Sdr. Aan Wibowo (anak dari Bpk. Harso Sungkono) keduanya berasal dari Pedukuhan Gampeng Triwidadi.

Selain untuk memperingati 17 an pertunjukkan tersebut juga untuk ajang silahturohmi memperkokoh persatuan kesatuan dan juga untuk melestarikan kesenian budaya Jawa,  demikian penjelasan Bpk. Harso Sungkono.

Acara diawali dengan pertunjukkan Jathilan kemudian dilanjutkan dengan acara inti Ketoprak dan diselingi Jathilan kembali. Ketoprak yang dimainkan mengambil lakon / judul "Suminten Edan" yang menceritakan ayah Suminten, Warok Setyo Darmo bisa menangkap brandal / penjahat yang meresahkan Kadipaten Trenggalek.

Atas keberhasilan tersebut Adipati Trenggalek Dibyo Ngalim menghadiahi Warok Setyo Darmo dengan mengawinkan anaknya Raden Subroto dengan Suminten. Namun Raden Subroto menolak perkawinan tersebut yang menyebabkan Suminten menjadi gila. Warok Setyo Darmo mencari pengobatan kemana-mana untuk menyembuhkan Suminten/anaknya, akhirnya Suminten bisa disembuhkan oleh Raden Subroto sendiri. Karena tidak mau menikahi Suminten akhirnya Adipati Trenggalek menjadikan keluarga Warok Setyo Darmo menjadi saudara dan kemudian hidup di dalam Kadipaten Trenggalek.

Pertunjukan Ketoprak dan Jathilan berakhir pada jam 24.00 Wib situasi dalam keadaan aman konduif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger