PENGGUNAAN 'LAMPU REM PUTIH' SANGAT MEMBAHAYAKAN PENGENDARA LAIN

Senin, 25 Agustus 20140 komentar



Kadang bagi sebagian orang merasa gerah hatinya melihat dari dulu sampai sekarang lampu rem itu merah warnanya, dia ingin tampil beda, akhirnya dia merubahnya menjadi warna putih.

Hasilnya dia tidak merasakan apa-apa, namun pengendara di belakangnya saat malam gelap tanpa penerangan lampu jalan, bisa dibuat sport-jantung karena dikira lampu rem putih tersebut adalah lampu high beam motor yang berlawanan arah.

Banyak modifikasi lampu rem pada kendaraan, padahal lampu rem kendaraan harus berwarna merah, karena warna merah memiliki panjang gelombang spektrum optik yang paling panjang dibandingkan dengan warna lainnya.

Dengan demikian warna merah ini paling mudah ditangkap oleh mata dari jarak yang relatif jauh walaupun dalam keadaan gelap ataupun berkabut.

Tujuannya sudah jelas yaitu agar pengendara lain yang dibelakang dapat cepat mendeteksi bahwa ada kendaraan lain di depannya.

Begitu juga saat rem dipijak atau ditekan lampu rem langsung menyalakan cahaya merah agar pengendara yang ada di belakang cepat tanggap bahwa pengendara di depan sedang memperlambat laju kendaraan.

Jadi jangan sembarangan memodifikasi warna lampu rem anda, demi kenyamanan dan keamanan diri sendiri dan orang lain.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger