KELUARGA SEBAGAI BENTENG TERHADAP PENYAKIT MASYARAKAT

Jumat, 19 September 20140 komentar



Penyakit masyarakat (pekat) atau dalam istilah sosiologi termasuk dalam kajian Patologi Sosial, yaitu ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala sosial yang dianggap sakit, berkaitan dengan semua tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas lokal, pola kesederhanaan, moral, hak milik, solidariatas kekeluargaan, hidup rukun bertetangga, disiplin, kebaikan dan hukum formal. (http://id.wikipedia.org/wiki/Patologi_sosial).

Dalam masyarakat yang majemuk, dengan jumlah penduduk yang banyak, penyakit masyarakat cenderung bervariasi dan jumlahnya lebih banyak dibanding dengan masyarakat yang homogen. Masyarakat yang berada di Desa akan menghadapi penyakit sosial yang berbeda dengan masyarakat yang kota. Sehingga penanganannya juga akan berbeda. Ketahanan masyarakat dalam mencegah munculnya berbagai penyakit masyarakat tergantung dari masyarakat itu sendiri dalam membangun norma yang disepakati. Semakin banyak norma yang dilanggar, akan tampak semakin banyak pula penyakit yang muncul dalam masyarakat.

Perkembangan teknologi juga menjadi fasilitator terhadap munculnya bebagai modus dan variasi baru penyakit masyarakat. Dunia cyber misalnya, telah digunakan oleh jaringan kejahatan prostitusi sebagai salah satu penyakit masyarakat. Apabila prostitusi tradisional mengenal lokalilasi atau tempat yang telah disediakan khusus, namun dengan teknologi, prostitusi dapat dilakukan dimana saja tempat yang aman. Dengan teknologi, pengawasan masyarakat terhadap perilaku yang menjadi penyakit tersebut semakin sulit, sehingga penyimpangan itu tidak tampak dipermukaan.

Keluarga adalah unsur terkecil dalam masyarakat yang mampu membangun benteng terhadap berbagai penyimpangan yang bertentangan dengan norma kebaikan dan stabilitas lokal. Keberhasilan orang tua dalam mendidik anak – anaknya untuk mampu berperilaku yang sesuai dengan norma, akan menjadi anti virus yang ampuh dalam menangkal berbagai penyakit masyarakat.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger