PEMBUKAAN FESTIFAL KESENIAN INDONESIA KE 8

Sabtu, 27 September 20140 komentar



Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke 8 kembali digelar di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Sebanyak tujuh perguruan tinggi seni seluruh Indonesia akan hadir pada perhelatan seni setiap dua tahun sekali, Acara FKY ke-8 akan digelar di kampus ISI Yogyakarta Jalan Parangtritis Km 6,5 Sewon Bantul mulai tanggal 25-27 September mendatang.

Tujuh peserta dari PT Seni se-Indonesia tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI). Ketujuh peserta itu adalah ISI Padang Panjang, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

Berbagai kegiatan akan digelar selama FKI ke-8, masing-masing perguruan tinggi seni mengirimkan peserta untuk pagelaran seni pertunjukan, pameran baik seni rupa maupun media rekam. Selain itu juga mengirimkan peserta seminar nasional, workshop manajemen seni dan produksi film. Pameran seni akan diikuti 300-an karya baik seni murni, desain dan kriya. Sedangkan untuk acara pembukaan pada tanggal 26 September digelar difile seni dari berbagai kelompok kesenian.

"Kegiatan yang digagas oleh ISI Yogyakarta mulai tahun 1998 ini digelar setiap dua tahunan. Seharusnya tahun lalu digelar namun karena ada kendala teknis baru tahun ini diselenggarakan," kata Ketua Umum FKI ke-8/2014, Syafruddin di kampus ISI Yogyakarta, Tema FKI kali, adalah "Spirit of the Future: Art for Humanizing Civilization". Tema ini mengandung maksud menekankan konsep dan fungsi seni yang membawa spirit masa depan turut berperan dalam peningkatan keluhuran nilai-nilai kemanusiaaan melalui bentuk-bentuk seni.

FKI ini bertujuan menguatkan jalinan kerjasama tujuh perguruan tinggi seni dalam upaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan negera atas hasil kreativitas berkesenian yang sudah dilakukan oleh sivitas akademika di PT seni masing-masing.

Acara akan dibuka oleh Wamendikbud bidang Kebudayaan Prof.Ir.Wiendu Nuryanti M.Arch.,Ph.D, hadir dalam kegiatan tersebut Rektor dari enam (6) Perguruan Tinggi Seni seluruh Indonesia, Dosen ISI Yogyakarta, Kapolsek Sewon Kompol Heru Setiawan, AKP Puji Aantara mewakili Kapolres Bantul, MusPida Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Sewon dan para tamu undangan. (Sihumas Sewon)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger