KAPOLSEK PUNDONG HADIRI GIAT MERTI BUMI DESA SELOHARJO

Jumat, 10 Oktober 20140 komentar



Kapolsek Pundong AKP Agus Nuryanto,S. Sos menghadiri upacara merti bumi tahunan yang diadakan pada Rabu, 8 Oktober 2014 ini bertempat di Sendang Surocolo, Pedukuhan Ngreco Poyahan, Desa Seloharjo-Pundong, Bantul.

Acara juga dihadiri Bupati Bantul, Hj Sri Surya Widati, Camat Pundong Drs Sukrisna Dwi Susanta Msi, Komandan Kodim Letkol Kav Tumadi, S.Sos, serta jajaran pejabat dari Dinas Pariwisata DIY. Acara ini sekaligus memperkenalkan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat luas tentang potensi yang dimiliki desa Seloharjo.

Selain menampilkan tari-tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak desa sekitar, penampilan gejog lesung Ngesti Laras yang dibawakan ibu-ibu dan remaja putri, membuat Ibu Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati memberikan apresiasi yang luar biasa. Menurut beliau, dengan melibatkan kaum remaja, secara tidak langsung sudah melakukan regenerasi untuk mencintai budaya yang dimiliki. Artinya, kecintaan terhadap budaya sendiri tidak akan putus dengan bergantinya generasi.

Selain tari-tarian dan gejog lesung, pada acara tersebut juga ditampilkan kirab bregada oleh pemuda desa Surocolo diikuti iring-iringan remaja putri membawa nasi tumpeng dan diakhiri Gunungan hasil bumi yang setelah didoakan lalu diperebutkan oleh pengunjung anak-anak.

Kepala desa Seloharjo, Suryo Wijiharto mengatakan bahwa keberadaan sendang Surocolo sudah layak menjadi tujuan wisata. Baik wisata alam dan sejarah, juga wisata spiritual, yang pada malam tertentu dikunjungi wisatawan yang ngalap berkah. Kendala jalan yang sudah diperbaiki menggunakan dana APBD diharapkan memudahkan akses bagi wisatawan yang akan mengunjungi Surocolo supaya seluruh potensi desa semakin dikenal masyarakat luas.

Pada kegiatan ini personil Polsek Pundong melaksanakan pengamanan hingga berakhirnya acara dalam keadaan aman dan kondusif.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger