MIRAS OPLOSAN

Sabtu, 11 Oktober 20140 komentar



Istilah kata “oplosan” itu sendiri mempunyai arti “campuran”. Miras oplosan tersebut merupakan minuman keras yang terdiri dari berbagai campuran, diantaranya dioplos dengan alkohol industri (metanol) maupun dengan obat herbal seperti obat kuat atau suplemen kesehatan.

Sudah sering kita mendengar baik dimedia cetak maupun elektronik tentang korban tewas akibat minum minuman keras oplosan. Peristiwa tersebut seolah – olah tidak menjadi pelajaran bagi para penggemar minuman beralkohol tersebut. Niat menikmati waktu luang untuk mencari hiburan dengan cara mengkonsumsi miras oplosan ternyata berujung maut. Salah satu hal yang menjadi penyebab adanya korban tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana memilih kegiatan yang positif.

Beberapa hari yang lalu, di awal bulan Oktober 2014, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 12 orang meninggal setelah minum Miras Oplosan. Pada tanggal 15 September 2014, minuman keras (miras) oplosan memakan korban jiwa. Dua orang pemuda yang bekerja sebagai petugas keamanan berinisial B (25 tahun) dan R (25 tahun ) tewas di mes kantornya di kawasan Pulomas, Jakarta Timur karena mencampurkan minuman keras dengan bahan berbahaya, yaitu minuman bir di campur Soffell (lotion anti nyamuk), minuman Cola dan Tinner.

Sebulan sebelumnya, pada tanggal 14 Agustus 2014, 5 (lima) orang meninggal dunia di Bekasi karena minum minuman keras oplosan. Ke lima korban tersebut masih berusia muda, melakukan pesta minum minuman yang dioplos, terdiri dari minuman jenis ciu dicampur dengan suplemen dalam bentuk sachet.

Fakta diatas tentu menjadi fenomena yang memprihatinkan bagi kita semua. Untuk mencegah korban jiwa dari dampak miras oplosan, tentu harus melalui pemahaman tentang bagaimana memilih gaya hidup yang sehat dan positif.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger