TATAP MUKA GUBERNUR DENGAN PETANI TEMBAKAU IMOGIRI

Selasa, 14 Oktober 20140 komentar




Bertempat di Gudang Tembakau "Sedyo Ngremboko" dusun Siluk II Selopamioro Imogiri Bantul telah berlangsung kegiatan Aksi pengolahan tembakau / Gelar pasar tembakau dan Ramah tamah temu wicara dengan Gubernur DIY Srisultan HB, Kamis, 09 Oktober 2014 pukul 10.00 Wib. Kegiatan ini mengambil tema "kita tingkatkan peranan gapoktan dan kelompok usaha bersama (KUB) dalam pembelian tembakau di musim panen dengan sistem tunda jual menuju terbentuknya pendirian pelintingan pabrik rokok siluk ".

Hadir dalam kegiatan tersebut  Gubenur DIY sri sultan HB X, Kepala DPPKA DIY Drs. Bambang Wisnu MM, Bupati Bantul Sri Suryawidati, Sekda kab Bantul Riyantono Msi, sek III Drs. Sunarto SH Mhum,  Ka SKPD kab Bantul, Muspika kec Imogiri, Kapolsek Imogiri Kompol Herlambang, lurah se Imogiri, 200 Petani tembakau yang tergabung dalam Gapoktan Sedyo Ngrumboko desa Selopamioro degan ketua Bapak Sukro Nurharjanto dan sekitar 500 tamu undangan.

Bupati Bantul dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubenur DIY. Bab Bantul mempunyai lahan yang luas sehingga mampu tumbuh berbagai jenis macam tumbuhan, petani tembakau mempunyai kendala yaitu iklim, pemasaran dan harga jual tembakau yang merugikan petani tembakau sendiri, diperlukan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi petani tembakau,

Saat ini sudah dibangun gudang tembakau khususnya di kecamatan Imogiri untuk mewujudkan proses tata niaga dan untuk kegiatan paska panen tembakau dengan optimal, APBD kab bantul telah mengalokasikan anggaran dana untuk membantu sarana dan prasarana dalam peningkatan produksi tembakau, melalui kegiatan ini diharapkan agar petani mampu bersaing dipasaran dan mampu mengelola produksi tembakau dengan maksimal.

Pada kesempatanya Gubernur DIY menyampaikan dengan inti bahwa harga tembakau di lima Kec di bantul perlunya di koordinasikan agar sama dan tidak menjual lebih murah atau lebih mahal, perlunya di dirikan koperasi untuk menjalin kebersamaan para petani tembakau di Bantul, sehingga yang maju bukan hanya di siluk tetapi juga petani ditempat lain, untuk menambah nilai tambah, proses industri yang akan dibangun perlunya perekrutan tenaga kerja yang mahir dan baik,  bantuan yang di ajukan agar dilihat kembali dan membuat proposal, serta kekurangan alat produksi dihitung sehingga memberikan tenaga kerja baru bagi orang-orang yang belum memiliki pekerjaan.

Kegiatan ditutup dengan acara dialog dengan perwakilan petani tembakau. Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Imogiri memberikan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Imogiri)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger