MAHASISWA UMY BERUNJUK RASA MENOLAK KENAIKAN BBM

Jumat, 21 November 20140 komentar




Kamis, 20 Nopember 2014 mulai pukul 14.20 wib bertempat di depan kampus UMY Kasihan Bantul telah berlangsung kegiatan unjuk rasa oleh Aliansi Mahasiswa Berdaulat (IMM, BEM KM UMY, DPM KM UMY, BEM FISIPOL, BEM FE, BEM FAI & BEM FT) dengan korlap Suyoto dari fakultas Fisipol dan Presiden BEM UMY Zainudin Arsyad.

Ratusan mahasiswa mendesak pemerintah secara tegas untuk mencabut kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi. Serta mencabut UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang UU Migas secara keseluruhan, kemudian menggantinya dengan UU yang pro-rakyat. Mahasiswa juga mendesak pemerintah menaikkan pajak barang mewah, pajak barang impor (bea cukai) menurunkan anggaran belanja pegawai dalam APBN serta mendukung pengembangan energi alternatif. Selanjutnya menasionalisasi aset-aset vital migas di sektor hulu maupun hilir dan memberantas mafia migas sampai ke akar-akarnya.

Mereka membawa spanduk antara lain bertulisakan ” UMY tolak jokowi, Tolak BBM Di-Naik-kan, hati nurani seharga bensin murni tolak BBM naik, stop liberalisme migas”. Mereka juga melakukan pembakaran ban bekas dan pembacaan ikrar mahasiswa UMY bahwa aksi ini akan dilanjutkan pada hari Sabtu tanggal 22 Nopember 2014.

Untuk menjaga kemanan dan ketertiban dalam aksi tersebut Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK yang didampingi Wakapolres dan Kabag Ops langsung memimpin jalanya pengamanan. Dalam pengamanan ini Kapolres menerjunkan pasukan Dalmas dan personil Polsek tuti Barat.

Dalam aksi ini petugas sempat bentrok dengan mahasiswa. Usai terjadi bentrok, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Berdaulat (AMDAL) itu melunak dan memilih mundur sehingga aksi tidak meluber ke jalan yang dapat menganggu kelancaran lalulintas dan aksi berakhir pada pukul 13.50 Wib berjalan dengan aman dan tertib.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger