PENYAMPAIAN HASIL KAJIAN TANAH LONGSOR BPBD KAB. BANTUL UNTUK KEC. PAJANGAN

Minggu, 23 November 20140 komentar



Kapolsek Pajangan AKP Riwanta bersama Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana dan Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman menghadiri pertemuan penyampaian hasil kajian tanah longsor dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bantul Tahun 2014 di wilayah Kec. Pajangan, Kamis 20 November 2014 jam 10.00 WIB.

Acara di Balai Desa Sendansgari  dihadiri oleh Kasitrantib Kec. Pajangan Halumuan Marbun, SH, Lurah SendangsariMuh. Irwan Susanto, ST, Kasitapem Desa Guwosari Muh. Taufik dan para Kepala Dukuh baik dari Desa Sendangsari maupun Desa Guwosari yang memiliki wilayah rawan bencana tanah longsor, peserta sejumlah ± 20 orang. Acara di Balai Desa Triwidadi di hadiri Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Kasi Trantib Halumuan Marbun, SH, Bhabinkamtibmas Triwidadi Aipda Ngadiman, Babinsa Koramil Pajangan Serma Kasimin, para Kepala Dukuh Triwidadi dan ibu-ibu Kader PKK, peserta sejumlah ± 20 orang. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bantul dipimpin oleh Bpk. Dewanto Dwipoyono, STP (Kasi Pencegahan, Persiapan dan Persiagaan Bencana Kab. Bantul), Bpk. Budiantar (Staf Kasi Pencegahan, Persiapan dan Persiagaan Bencana Kab. Bantul) serta Tim leader Kajian Tanah Longsor Ibu Sri Amiyatun dan Evita Pramudiyanti dari UII (Universitas Islam Indonesia).

Kasi trantib Pajangan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kajian ini di titik-titik yang dianggap rawan bencana tanah longsor di wilayah Pajangan adalah sangat penting sehingga dengan begitu warga masyarakat yang tinggal disekitarnya dapat waspada saat hujan sehingga terhindar dari tanah longsor.

Bpk. Budi dari BPBD menyampaikan pertemuan ini merupakan penyampaian hasil kajian dari Tim yang dibentuk BPBD Kab. Bantul mengenai hasil kajian tanah longsor di wilayah Pajangan.

Di Kec. Pajangan tidak terlalu tinggi ancaman bencana tanah longsornya hanya ada beberapa titik tertentu yang masuk zona merah.  Harapan dari BPBD Kab. Bantul kita harus mengantisipasi sejak dini berbagai bentuk bencana baik itu tanah longsor, angin puting beliung, gempa bumi dan banjir dan lebih komunikasi dengan pihak BPBD Kab. Bantul tentang pelatihan dan cara mengantisipasinya kepada masyarakat Kec. Pajangan.

Ibu Sri Amiyatun dalam paparannya menyampaikan hasil kajian tanah longsor di wilayah Kec. Pajangan. Bencana alam yang perlu diantisipasi yaitu bencana tanah longsor, kebakaran, gempa bumi dan angin puting beliung. Kondisi tanah dan batuannya yang dijadikan parameter tim untuk menentukan daerah rawan longsor, segi kemiringan dan lereng, kondisi tanah yang sudah retak, kondisi hujan, tanaman ada  yang memperkuat dan sebaliknya membuat rapuh tanah dan tempat pemukiman yang dioptimalkan oleh tim untuk dikaji sehingga dapat meminimalisir resiko bencana tanah longsor.

Selanjutnya hasil kajian dilanjutkan oleh Ibu Evita menyampaikan daerah aliran sungai Progo rapuh  dan rawan bencana tanah longsor.  Ia menunjukkan zona merah di peta Kec. Pajangan yang rawan bencana tanah longsor. Kemudian Ia melanjutkan teknis kajian kepada Pemerintah Desa se Kec. Pajangan dan Kec. Pajangan.

Tim kemudian melanjutkan kajian ke Balai Desa Triwidadi. Lurah Triwidadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan daerah rawan resiko bencana tanah longsor pihak pemerintah Desa dan Pedukuhan serta RT untuk mengantisipasinya yang mana saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Bpk. Dewanto Dwipoyono, STP dari BPBD Kab. Bantul mengharapkan masukan dari Pemerintah Desa dan para Kepala Dukuh di Triwidadi sehingga hasil dokumen yang sudah ada ini akan lebih  menjadi valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Teknis hasil kajian tanah longsor di Desa Triwidadi disampaikan oleh Ibu Sri Aminatun dari UII. Bpk. Dewanto Dwipoyono, STP menambahkan hasil kajian ini kepada para Kepala Dukuh untuk disampaikan kepada warganya yang tinggal di zona merah maupun zona kuning untuk bersiap diri mengantisipasi bencana tanah longsor.

Hingga selesainyapenyampaian kajian tanah longsor di Balai Desa Sendnagsari dan Balai Desa Triwidadipada jam 14.00WIB situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger