PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL TAHUN 2014

Kamis, 13 November 20140 komentar




Bertempat di Pantai Goa Cemara, Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Rabu (12-11-2014) diadakan Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2014 tingkat Kabupaten Bantul. Peringatan HCPSN tepatnya jatuh pada tanggal 5 November setiap tahunnya.

Acara dihadiri oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Bnatul, Dr. Drs. Suyoto HS, M.Si, MMA yang mewakili Bupati Bantul sekaligus membacakan sambutan Bupati Bantul. Hadir pula SKPD, Jajaran Kodim 0729 Bantul, Polres Bantul, Koramil dan Polsek setempat, beberapa sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bantul, serta masyarakat pecinta puspa-satwa dan pecinta lingkungan.

Acara ini merupakan puncak acara rangkaian Peringatan HCPSN 2014 yang sebelumnya telah dilaksanakan agenda kerja bakti pembersihan sampah visual dan paku dari pohon sepanjang Jl. Sudirman Bantul, serta pelepasan 17 ekor tukik di Pantai Pelangi.

Tema HCPSN 2014 ini adalah “Keanekaragaman Puspa dan Satwa Pesisir dan Laut untuk Ketahanan Pangan dan Pembangunan yang Berkelanjutan”. Fauna dan satwa yang menjadi ikon merupakan fauna dan satwa kebanggan dan asli Indonesia, yaitu Takka (Tacca leontopetaloides) dan Penyu sisik (Eretmochelys imbricate).

Penetapan Ikon Puspa dan Satwa ini untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati sebagi aset yang harus dijaga dari kepunahan di habitat aslinya di alam Indonesia.

Peringatan HCPSN 2014 merupakan momen yang tepat untuk penyadaran tentang pentingnya pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara adil, merata dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan suatu tindakan atau aksi nyata berupa gerakan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat yang diharapkan dapat menyadarkan seluruh komponen masyarakat bahwa ekosistem dan keanekaragaman hayati adalah aset bangsa yang dapat menopang sendi kehidupan, penghidupan bangsa secara adil serta keberlanjutan bangsa Indonesia.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger