DUSUN JAMBON DESA ARGOSARI, SEDAYU, DEKLARASIKAN DIRI SEBAGAI DUSUN STOP BABS

Jumat, 19 Desember 20140 komentar



Masih buruknya sanitasi di lingkungan rumah tangga dan belum setiap rumah memiliki kamar mandi yang ada WCnya, membuat pola perilaku masyarakat melakukan buang air besar sembarangan. 

Sungai menjadi salah satu alternatif tempat yang digunakan oleh beberapa warga di bantaran sungai untuk buang air besar. 

Tentunya perilaku negatif tersebut memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu perlu dilaksanakan upaya penyadaran masyarakat untuk berhenti buang air besar sembarangan.

Untuk menjaga dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghentikan praktik buang air besar sembarangan pada Kamis, 18 Desember 2014 Warga Masyarakat Dusun Jambon melaksanakan deklarasi sebagai dusun Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Balai Desa Argosari.

Hadir dalam acara deklarasi tersebut tersebut Camat Sedayu yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kasie Kemasyarakatan Kecamatan Sedayu, Drs. Eka Agus Raharja, Panit I Sabhara Iptu Walijan yang mewakili Kapolsek Sedayu, Kepala Puskesmas Sedayu I, dr. Sistia Utami, Lurah Desa Argosari, dukuh se-Desa Argosari dan warga Dukuh Jambon peserta deklarasi Stop BABS.

Dalam sambutannya mewakili Camat Sedayu, Drs. Eka Agus Raharja menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Dusun Jambon yang sudah berkomitmen tidak melakukan buang air besar sembarangan dengan melakukan deklarasi Stop BABS.

Beliau juga menambahkan, Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) ini sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diharapkan dengan deklarasi Dusun Jambon akan diikuti oleh dusun-dusun yang lain untuk melakukan deklarasi Stop BABS.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi sebagai dusun Stop Buang Air Sembarangan (BABS) oleh perwakilan warga dari Dusun Jambon, Desa Argosari. Acara diakhiri dengan penandatanganan oleh pejabat yang menghadiri deklarasi tersebut. (Sihumas Sedayu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger