SOSIALISASI OPERASI ZEBRA 2014, SATLANTAS POLRES BANTUL ADAKAN TALK SHOW DI RADIO PERSATUAN

Kamis, 04 Desember 20140 komentar



Dalam rangka Operasi Zebra 2014 di wilayah Polres Bantul, Petugas Satlantas Polres Bantul, Bripka Dwijo dan Brigadir Agustina Pitaloka melakukan talk show secara on air di Radio Persatuan 93,9 FM, Rabu tanggal 3 Desember 2014 pukul 12.00 wib.

Dalam kesempatan tersebut, para petugas yang ditunjuk melakukan talk show menyampaikan bahwa Polres Bantul telah melaksanakan Operasi Zebra 2014 yang bertujuan untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dan menurunkan pelanggaran lalu lintas serta mengurangi fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Operasi Zebra 2014 juga bertujuan meningkatkan disiplin dan kepatuhan hukum serta etika berlalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif seperti meminimalisir terjadinya kemacetan, pelanggaran serta mencegah tindak kriminalitas. Termasuk meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polantas juga menjadi target yang ingin dicapai dalam opersai ini.

Operasi Zebra 2014 berlangsung sejak tanggal 26 November sampai dengan 9 Desember 2014. dengan menerjunkan  ratusan personelnya, Polres Bantul akan giat melakukan razia kendaraan bermotor. Sasaran umum pada operasi dengan sandi  “Zebra Progo 2014” ini adalah pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan dengan korban fatalitas meninggal dunia  dan kemacetan lalu lintas, antara lain :

1.    pelanggaran batas kecepatan dan pengemudi kendaraan bermotor yang membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain.
2.    Kendaraan yang melawan arus lalu lintas khususnya ranmor (R2).
3.    Kendaraan yang melebihi muatan baik orang/ barang.
4.    Pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara.
5.    Kawasan pengguna jalan rentan ( trotoar, jalur sepeda dan zebra cross ).
6.    Kendaraan yang menaikan/ menurunkan penumpang tidak pada tempatnya.
7.    Pengemudi dalam keadaan mabuk atau menggunakan narkoba / miras.

Sedangkan sasaran prioritas/ khusus pada operasi  Operasi Zebra 2014 ini adalah adalah :

1.    Pelanggaran pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm standart (SN ).
2.    Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan terhadap spektek knalpot sepeda motor (blombongan).

Melalui acara talk show secara on air di Radio Persatuan ini, para petugas juga menghimbau kepada para pendengar setia Radio Persatuan agar ketika hendak bepergian menggunakan kendaraan tidak lupa menyiapkan surat-surat kendaraan, memperhatikan kelengkapan kendaraan dan kondisi kendaraan. Selama berkendara hendaknya senantiasa mentaati peraturan lalu lintas agar selamat sampai tujuan.

Dalam kesempatan ini, petugas juga mengadakan dialog interaktif dengan pendengar Radio Persatuan baik melalui telepon maupun via SMS. Petugas juga menampung saran dan kritik dari masyarakat demi peningkatan mutu pelayanan Polri kedepannya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger