CARA AMAN MENGATASI PEMBUNTUT MOBIL / MOTOR

Rabu, 14 Januari 20150 komentar



Banyak perilaku pengemudi berbahaya yang bisa anda temui di jalan. Salah satunya adalah mobil/motor yang membuntuti di belakang anda. Kondisi ini jangan disepelekan, akan ada sejumlah bahaya yang berpotensi terjadi saat sebuah mobil/motor membuntuti anda dari belakang, apalagi kalau itu terjadi di jalan lengang sewaktu tak perlu terlalu dekat dengan kendaraan lain.

Sebagai driver/rider yang bertanggung jawab, anda tentu memantau spion setiap 8-10 detik sekali. Dengan demikian anda seharusnya bisa mendeteksi bila ada kendaraan yang terus menerus mengikuti anda.

Hal apa saja yang harus dilakukan ketika itu terjadi. berikut kami paparkan alasan mengapa orang membuntuti serta cara jitu mengatasinya.

Jangan Resah Saat Dibuntuti

Ketika anda menghadapi mobil lain yang membuntuti di belakang, harus lebih waspada. Tapi jangan panik, terutama bagi wanita nih, kami kasih cara jitu mengatasinya

Alasan Orang Membuntuti

1. Kriminal

Ada sejumlah tindakan kriminal yang dilakukan dengan membuntuti terlebih dahulu. Dengan membuntuti, penjahat bakal dengan mudah mamantau dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk melancarkan tindak kriminalnya


2. Mengantuk

Waktu ngantuk, akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengikuti mobil/motor di depannya. Dengan demikian doi bakal mengurangi kerja otak untuk melakukan pemantauan serta menentukan keputusan waktu nyetir. Waktu mobil/motor depan ngerem dia bakal ikut ngerem, dan belok, waktu mobil depan belok. Buat mobil, biasanya sering terjadi waktu malem di tol.

3. Tidak Tahu Jalan
Ketika jalan di luar kota dan tidak mengetahui betul medan, orang juga bakal lebih gampang nyetir dengan membuntuti orang lain apalagi waktu malem. Dengan begitu dia tidak perlu lagi meraba jalan dan mempercayakan semua ke kendaraan depannya.

4. Mengurangi Hambatan Angin

Mungkin kedengerannya aneh, tapi kalau membuntuti di belakang kendaraan lain, apalagi yang lebih gede, bakal secara signifikan mengurangi hambatan angin. Trik ini disebut juga drafting.

5. Tim Termehek-Mehek

Kalau ini sih lain cerita yak, bisa aja anda dicurigai "berselingkuh", maka hati-hati terhadap kedatangan tim yang satu ini.. Mereka bakal ada dimanapun anda pergi.

6. Anda yang Jahat

Kalau ini, bisa aja bukan anda yang dikejer orang jahat, tapi anda orang jahat yang lagi dikejar, bisa saja anda kaki tangan kelompok tertentu yang dibuntuti polisi terus-menerus (loh?)


Cara Menghadapi Pembuntut

Nah sekarang ada cara-cara menghadapi pembuntut yang cukup jitu :

1. Kurangi kecepatan

Di tahap awal jangan kegeeran dulu. Ada kemungkinan dia bukan bermaksud membuntuti, tapi ingin nyalip anda. Untuk itu anda tinggal mengurangi kecepatan dan mempersilakannya nyalip anda

2. Pindah ke jalur kiri

Kalau ini bisa berlaku di jalan tol (mobil) dan juga jalan-jalan besar yang memiliki banyak jalur, kalau sang pembuntut tak juga nyalip seperti no 1, berpindah aja ke jalur paling kiri, kalau pembuntut tidak berniat membuntuti, pasti pembuntut bakal tetap di jalurnya.

3. Tambah Jarak Aman

Satu Potensi bahaya waktu dibuntuti adalah anda bisa ditabrak dari belakang saat mengerem mendadak. Bila mobil/motor yang membuntuti berjarak terlalu dekat dengan anda, jangan panik. Anda tinggal menambah jarak aman dengan kendaraan depan. Dengan begitu anda tidak perlu mengerem mendadak karena memiliki jarak lebih panjang, jadi yang dihindari adalah pengereman mendadak oleh kita dengan menambah jarak dengan kendaraan di depan kita.

4. Pikirkan Rute Kabur Saat Macet

Menghindari bahaya kriminalitas, anda mesti sangat waspada saat dibuntuti dan menuju ke kemacetan. Tempatkan mobil/motor anda di jalur paling pinggir dan beri jarak dengan kendaraan depan. Dengan begitu misalnya ada bahaya, anda punya ruang untuk bergerak dan tak terjebak di kemacetan. Jangan lupa tutup jendela dan kunci pintu bagi yang memakai mobil.

5. Menepi ke Tempat Aman

Bila segala cara sudah dilakukan tapi tetep dibuntuti, anda bisa menghentikan mobil/motor anda sejenak. Tapi jangan sembarang berhenti, carilah tempat ramai atau kantor polisi terdekat. Biasanya cara ini bakal membuat orang dengan niat paling jahat sekalipun mengurungkan niatnya. Tunggu sampai si pembuntut hilang dari pandangan lalu lanjutkan perjalanan anda. Jangan lupa tetap pantau spion apakah sang pembuntut tadi kembali membuntuti. Jika ya, langsung aja berhenti di kantor polisi dan laporkan.

6. Alat Pertahanan Diri

Untuk berjaga-jaga dan kalau sudah benar-benar kepepet, anda harus siapkan juga alat pertahanan diri, tetapi tidak melanggar hukum, seperti gas air mata, setrum listrik, ataupun kunci stir mobil. Tapi ingat, ini hanya dipakai untuk mempertahankan diri saat kepepet.


Cara agar Terhindari dari Pembuntutan

Quote:Pembuntutan juga dapat dihindari bila kita ga menarik perhatian pelaku, berikut kami paparkan tips"nya

1. Variasikan Rute Anda

Misalkan anda setiap hari pergi ke tempat yang sama ( Kantor, Sekolah, dll), maka anda bisa membuat variasi rute, jangan terpatok dengan rute yang sama setiap waktu. Dengan gitu calon kriminal yang membuntuti anda untuk mengetahui rute anda akan bingung karena bervariasi dan sulit ditebak.

2. Jangan Mencolok Perhatian

Nah ini yang penting, pembuntut akan mengikuti orang yang sudah jelas sasarannya. Untuk itu, jangan melakukan hal-hal yang berpotensi menarik perhatian, seperti memasukkan Laptop, HP, Tab ataupun barang lain yang berharga tepat sebelum naik ke kendaraan. Masukkan barang2 tersebut jauh sebelum anda naik ke kendaraan anda agar tidak memicu perhatian dan ketahuan kita sedang membawa barang-barang tersebut.

3. Jangan Mengemudi Terlalu Agresif

Kami belajar dari thread anda ini, mengemudi terlalu agresif juga bisa menyebabkan boomerang, awalnya kita berniat agresif supaya orang takut mau membuntuti, akhirnya malah bisa menjadi senjata empuk. Dengan begitu sang kriminal bisa beralibi dengan bilang anda udah buat dia apalah, ngagetin lah, atau apalah lah lah yang lain. Mengemudilah stabil tapi pasti, tidak ugal-ugalan, tetapi tidak juga lamban. Karena orang biasanya mengincar pengemudi" yang terlalu slow sehingga mudah di modus. Bagi yang naik motor, nyetir setegak mungkin, jangan nunduk keliatan lesu, sambil mengemudi cepat tapi stabil dan tidak ugal-ugalan.

Demikian thread kami, kritik dan saran ataupun masukan dari anda sekalian sangat membantu, agar bisa saling berbagi info satu sama lain dan mengingatkan sesama agar terhindar dari tindak kejahatan.

Yang terpenting... Keep Safety Driving and Riding!!

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger