PEMBUKAAN SELEKSI PENDIDIKAN SIP TA 2015

Selasa, 13 Januari 201510komentar



Berdasarkan Surat Telegram Kapolda DIY Nomor : st/34/i/2015 tanggal 12 Januari 2015 tentang Pelaksanaan  Seleksi  Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (sip) t.a. 2015.

Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, bersama ini diberitahukan kepada seluruh anggota Polres Bantul yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi  Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (sip) t.a. 2015 tersebut. Adapun gambaran umum Seleksi sip t.a. 2015 adalah sebagai berikut :

1.    Jumlah peserta didik adalah 800 orang (700 pria dan 100 wanita) dengan ketentuan 10 persen  merupakan talent scouting dan 90 persen berdasarkan hasil seleksi
2.    Pembukaan pada tanggal 11 Maret 2015 dan penutupan Pendidikan tanggal 6 Oktober 2015.
3.    Lama pendidikan 7 bulan
4.    Tempat Pendidikan Setukpa Lemdikpol Sukabumi Jabar.

Adapun persyaratan untuk mengikuti Seleksi sip t.a. 2015  adalah sebagai berikut :

I.              Persyaratan Administrasi :

a.    Brigadir Polri berpangkat minimal Bripka dengan mddp dikaitkan dengan dikut :

1)    0 (nol) tahun untuk minimal lulusan S-2
2)    1 (satu) tahun untuk minimal lulusan S-1
3)    2 (dua) tahun untuk minimal lulusan D-3
4)    3 (tiga) tahun untuk minimal lulusan SMU atau sederajat.


b.    Bagi lulusan S-2, S-1 dan D-3 dengan akreditasi minimal B.
c.    Usia maksimal 45 tahun, NRP 7003.....
d.    Berkonduite baik serta mendapat rekomendasi dari Kasatker serendah-rendahnya Kapolres/sederajat.
e.    Memiliki nilai mental kepribadian, kinerja dan prestasi tugas yang baik dibuktikan dengan smk min 38.
f.     Bagi peserta yang cacat tubuh akibat melaksanakan tupok Polri, dinyatakan dengan Surat Ket Kapolda dan Rekomendasi Layak Tugas dari bpkp (Badan Pemeriksa Kesehatan Personel Polri).
g.    Evaluasi kemampuan mengoperasionalkan komputer dengan MS Word, MS Excel dan MS Power Point maupun internet.
h.    Calon peserta seleksi diwajibkan membuat surat pernyataan kesanggupan ditempatkan di seluruh wilayah nkri, setelah yang bersangkutan dilantik menjadi Perwira Polri.

II.            Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujianan dengan sistem gugur yang meliputi materi dan urutan kegiatan sbb :

a.    Rikmin dan skhp
b.    Rikkes
c.    Ujian kesjas
d.    Rik psikologi
e.    Ujian akademik

1)    Penulisan NKP min 8 (delapan) lembar folio bergaris dengan waktu 3 (tiga) jam ujian
2)    Bahasa Inggris


III.           Kelengkapan administrasi baik asli maupun fotokopi yang wajib dibawa saat mendaftar sbb :

a.    Sprin /rekomendasi dari  Ka / Pimpinan yang berwenang (berdasarkan hasil rekomendasi pembinaan , litpers dan penilaian kinerja).
b.    Fotokopi kep pangkat terakhir
c.    Fotokopi dikum terakhir
d.    Fotokopi ijazah dan transkip nilai D-3/ S-1/S-2 beserta status akreditasi min b
e.    Penilaian kinerja dengan smk empat periode (semester 1 dan 2 th 2013  serta semester 1 dan 2 th 2014)
f.     Surat keterangan bebas narkoba dari biddokkes Polda DIY
g.    Surat rekomendasi :

1)    Pembinaan kesehatan oleh Biddokkes Polda DIY
2)    Pemantauan psikologi oleh Bagpsi Ro Sdm Polda DIY
3)    Samjas dan rohani Bag Watpers Ro sdm Polda DIY
4)    Bebas permasalahan / skhp dari Bidpropam Polda DIY


h.    Pas photo berwarna uk 3x4 sebanyak 4 lbr dan 2x3 2 lbr
i.      Berkas fotokopi dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
j.      Persyaratan adm tsb dibuat 3 rangkap dan dimasukkan dalam map sbb :

1)    Warna kuning utk peserta seleksi yang mempersyaratkan pangkatnya menggunakan ijazah smu sederajat  .
2)    Warna merah utk peserta seleksi yang mempersyaratkan pangkatnya menggunakan ijazah D-3/S-1/S-2  .

k.    Pada saat mendaftar membawa berkas lengkap sesuai dengan ketentuan.
             
IV.          Jadwal Seleksi sip ta 2015  sbb :

a.    Tanggal 13 sd 26 Januari 2015 pendaftaran .
b.    Tanggal  27 sd 28 2015 penyerahan dan rik berkas adm dan skhp serta rik ijazah asli dikum dari diknas
c.    Tanggal 30 Januari sd 3 Februari 2015 rikkes .
d.    Tanggal 4  Februari 2015 pengumuman hasil rikkes .
e.    Tanggal 5 sd 7 Februari 2015 ujian kesjas .
f.     Tanggal 8 sd 9 Februari 2015 ujian beladiri .
g.    Tanggal 10 Februari 2015 pengumuman hasil kesjas dan beladiri .
h.    Tanggal 11 Februari 2015 rik dan pengumuman psikologi .
i.      Tanggal 12 Februari 2015 ujian akademik (tulis nkp dan bhs inggris) .
                       
V.           Berkaitan dengan ujian nkp Seleksi sip Dikreg ke-44 ta 2015 , disampaikan tema penulisannya adalah “Melalui Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi Kita Tingkatkan Pelayanan Kamtibmas Prima Utk Memberikan Perlindungan , Pengayoman , Pelayanan Dan Bimbingan Kepada Masyarakat , Penegakan Hukum Yang Tegas , Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia Serta Anti Korupsi , Kolusi Dan Nepotisme Guna Memantapkan Keamanan Dalam Negeri” dengan sistematika penulisan Naskah Karya Perorangan (nkp) sbb :

a.    Bab i pendahuluan , berisi tentang latar belakang permasalahan , pemilihan judul (sesuai tugas pokok fungsi) , permasalahan dan persoalan , ruang lingkup , maksud dan tujuan .
b.    Bab ii pembahasan meliputi :

1)    Kondisi saat ini , mengemukakan hal-hal atau fakta-fakta atau kondisi realistik yang dapat menunjukkan penyebab timbulnya masalah berdasarkan persoalan yang dipilih .
2)    Faktor-faktor yang mempengaruhi , berisi permasalahan yang dibahas ditinjau dari kondisi lingkungan (environtmental scanning) baik internal (kekuatan dan kelemahan) maupun eksternal (peluang dan kendala) .
3)    Kondisi yang diharapkan , berisi kondisi ideal thdp kata kunci utama yang menjadi fokus penulisan .
4)    Upaya pemecahan masalah/upaya–upaya yang dilakukan , berisi konsepsi pemecahan masalah yang dirumuskan melalui langkah-langkah pemecahan masalah/action plan (upaya-upaya yang dilakukan) .

c.    Bab iii penutup meliputi :

1)    Kesimpulan .
2)    Saran .
                       
VI.          Selanjutnya kepada anggota yang  memenuhi syarat untuk mendaftar  Seleksi SIP T.A. 2015 wajib  mengikuti pembinaan pada :

a.    Pembinaan kesehatan pada  hari rabu tanggal 14 januari 2015 di urkes subbagpers bagsumda Polres Bantul pukul 08.00 Wib hinga selesai dengan pakaian training .
b.    Pembinaan akademik , jasmani dan  psikologi  pada hari kamis 15 januari 2015 di aula  Polres Bantul  pukul 08.00 wib hingga selesai dengan pakaian PDH,  serta  membawa alas tulis , pensil 2b , ballpoint dan  penghapus. Semoga bermanfaat.
Share this article :

+ komentar + 10 komentar

Anonim
21 Januari 2015 pukul 15.20

persyaratan minimal akreditasi B merupakan diskrimanasi, karena tidak semua bisa berkompetisi dalam seleksi kali ini? apakah akreditasi dibawah B tidak sah?

6 Maret 2015 pukul 12.47

bos TR yang berangkat lemdik sudah keluar belum untuk angkat 44

14 Agustus 2015 pukul 09.15

tidak adil kalau akreditasi min b karena kesempatan kuliah polri terbatas dg kerja rutinitas. bisa kulia ya hanya di kmpus swasta. kan ga mungkin polri kuliah di ui atau ugm kan ?

17 Agustus 2015 pukul 12.34

Untuk SIP sus 2015 bagaimana?

7 Oktober 2015 pukul 08.40

Syarat sip reg lbh sulit drpd akpol

11 Januari 2016 pukul 13.01

Semoga ada perubahan dari syarat akreditasi b ke akreditasi aja... thanks dan salam hormat

23 Juli 2016 pukul 16.38

Kapan buka SIP sus 2016 pak. Apakah masih reskrim atau fungsi lain. Mhn info

3 Maret 2017 pukul 23.29

apakah peserta sip reg akan dinyatakan gugur pada saat pendaftaran,jika gigi hilang 6 biji akibat kecelakaan ? mohon jawabannya min

24 November 2020 pukul 17.26

Banyak yg komentar mengenai syarat S1 akreditasi b. Padahal saat ini banyak universitas swasta yg terakreditasi B, bahkan A. Di jogja ada, UAJY, UII, UAD, UTY, dll. Calon perwira polri harus smart bro

24 November 2020 pukul 17.26

Banyak yg komentar mengenai syarat S1 akreditasi b. Padahal saat ini banyak universitas swasta yg terakreditasi B, bahkan A. Di jogja ada, UAJY, UII, UAD, UTY, dll. Calon perwira polri harus smart bro

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger