PEMBERDAYAAN KAUM ROIS PANDAK DAN PAJANGAN

Rabu, 28 Januari 20150 komentar



Pada hari Selasa tanggal 27 Januari 2015 pukul 09.00 wib  di Gedung Serbaguna Desa Wijirejo Pandak Bantul telah berlangsung Pemberdayaan Kaum Rois Pandak dan Pajangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati, Kepala Dinas Sosial Kab. Bantul Drs. H. Mahmudi, M.Si, Camat Pandak Drs. Agus Sulistiyana Mm, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala Desa Wijirejo Cipto Widodo, Kepala Kua Kecamatan Pandak, para Kapolsek, Kaum Rois Wilayah Pandak Dan Pajangan kurang lebih 191 Orang.

Kegiatan tersebut merupakan Program Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Sosial yaitu kegiatan pemberian bantuan insentif untuk Kaum Rois dan pemberian bantuan sarung dan kain sebagai salah satu bentuk rasa hormat kepada kaum rois yang sudah melakukan pembinaan bidang religi di Masyarakat dan lingkungan.

Bupati Bantul dalam sambutan menyampaikan yang intinya adalah bahwa kaum rois memangku jabatan yang berat dan sangat mulia oleh sebab itu kaum rois akan mendapatkan pembinaan untuk melaksanakan tugas yang kebanyakan tugas tersebut adalah tugas sosial.

"Kehadiran rais punya peran strategis dalam menjaga dan memelihara ajaran agama secara murni sesuai Al Quran dan Hadits, tanpa disusupi unsur lain," kata Bupati.

Bupati meminta rais harus banyak mengambil peranan di tengah masyarakat, utamanya dalam pembinaan umat. Artinya harus  memberikan pencerahan kepada masyarakat jika terjadi sikap yang bertentangan norma dan nilai agama. Selain itu, rais juga punya tugas dalam memimpin masyarakat dalam konteks pembinaan secara spiritual keagamaan. Termasuk memandu dalam berbagai tradisi keagamaan.

Bupati Bantul menyampaikan bahwa Ia menjabat tinggal 6 bulan lagi maka semua tugas yang di embannya otomatis akan berakir dan apabila rakyat menghendaki maju lagi dalam pemilihan Bupati maka akan bersedia mengemban kemauan rakyat, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Bpk. Abdul Basyir dan berakhir pada pukul 11.00 Wib berjalan dengan aman dan lancar. (Humas Pandak)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger