PEMBUKAAN PELATIHAN PEMBUATAN PESTISIDA HAYATI PNPM MPD MP3KI PAJANGAN OLEH CAMAT PAJANGAN

Kamis, 08 Januari 20150 komentar



Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menghadiri acara pembukaan Pelatihan Pembuatan Pestisida Hayati yang diselenggarakan oleh PNPM MPd MP3KI Kec. Pajangan bertempat di rumah Kepala Dukuh Watugeduk  RT 01 Guwosari, Pajangan, Bantul, Rabu 7 Januari 2015 jam 10.00 Wib.

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, PJOK (Penanggung Jawab Operasional Proyek) Kasi Ekbang Pajangan Budi Suryono, S.Sos, Fasilitator Teknis Kabupaten (Fastekab) Ir. Musriadi Muhammad, Ketua Pokja Peningkatan Produksi Padi Bpk. Pardiono dan Petani dari Kelompok petani di gandekan, Dukuh, Kentolan Lor dan Watugeduk Desa Guwosari Pajangan dan 40 peserta.

Program pelatihan Pembuatan Pestisida Hayati tersebut merupakan salah satu kegiatan dari PNPM MPd MP3KI Kec. Pajangan Pokja Peningkatan Produksi Padi yang dipimpin oleh Bpk. Pardiono. Menurutnya pelatihan akan dilaksanakan selama 10 hari mulai dari tanggal 7 hingga tanggal 17 Januari 2015 dan diikuti oleh 200 orang petani di Kec. Pajangan (Perhari 20 orang).

Dalam program di Pokjanya Bpk. Pardiono menjelaskan diantaranya terdapat program pembuatan pupuk organik/kompos, pembuatan pestisida hayati dan pembuatan pupuk cair organik, penanaman padi organik, penyuluhan konservasi air dan lahan pertanian, pembuatan sumur ladang beserta pompanya dan pemeliharaan sapi kelompok. Diharapkan dengan adanya program-program tersebut produksi padi di wilayah Kec. Pajangan dapat meningkat beserta kesejahteraan para petaninya.

Camat Pajangan sangat menyambut baik program ini yang bertujuan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di wilayah Kec. Pajangan. Dalam acara pembukaan tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun menyampaikan saat ini masyarakat kita sadar bahwa penggunaan padi organik lebih dibutuhkan dan bermanfaat untuk kesehatan.

Para petani saat ini menanam padi tidak sekedar mengejar kuantitas/jumlahnya namun kualitasnya. Untuk saat ini proses penanaman padi organik dibandingkan penanaman padi lainnya relatif sama. Diharapkan ilmu menanam padi diberikan kepada generasi muda sehingga dapat terus lestari. Kedepannya banyak program yang akan merubah wajah Pajangan diantaranya pembangunan UIN Suka II dan Watugeduk termasuk di dalamnya, pembangunan industri yang ramah lingkungan, pengembangan wisata Goa Selarong dan wisata lainnya di Kec. Pajangan, wisata kuliner yang bisa memanfaatkan padi-padi organik.

Pokja ini juga ada program pembuatan sumur ladang sehingga para petani tidak tergantung dengan musim dalam mengairi lahan persawahannya. Dirinya berusaha untuk membuka diri dan siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun Pajangan menjadi lebih maju dan masyarakatnya dapat lebih sejahtera.

Terakhir beliau mengharapkan kewaspadaaan dari masyarakat untuk mengantisipasi bencana tanah longsor mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Selesai memberikan sambutanya kemudian beliau secara simbolis membuka pelatihan pembuatan pestisida hayati dengan menumbuk bahan pembuatan pestisida hayati.

Setelah pembukaan pelatihan selanjutnya Camat Pajangan beserta  rombongan baik itu PJOK, Fasilitator Teknis dari Kabupaten dan Ketua Pokja Peningkatan Produksi Padi meninjau langsung penanaman padi organik.

Camat Pajangan juga berkesempatan bersama petani untuk menananam padi organik dengan jenis padi Pandan Wangi. Padi organik kita ketahui bahwa, mulai dari penanamannya dan pemumupukan tidak menggunakan pestisida kimia akan tetapi menggunakan pupuk organik dan pestisida hayati yang ramah terhadap lingkungan dan hasil padinya mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan manusia serta harga padinya setelah mendapat sertifikasi organik akan menjadi lebih bernilai. Menurut Kepala Dukuh Watugeduk rencana penanaman padi organik di lahan persawahan di wilayahnya seluas ± 5 Ha. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger