PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN NARKOBA KEPADA REMAJA DUSUN KAMIJORO

Sabtu, 24 Januari 20151komentar



Bertempat di pendopo Kecamatan Pajangan Kab. Bantul telah dilaksanakan penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi dan Narkoba, Kamis 22 Januari 2015 jam 20.00 wib.

Sebagai nara sumber adalah Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, dan Bamin Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan Aiptu Subari yang diikuti ± 50 Pemuda Pemudi dusun Kamijoro Sendangsari. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Bamin Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan Aiptu Subari, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman,  Bidan Desa Sendangsari dan Ketua Karang Taruna Gamamira Kamijoro Brigadir Danang Supriyanto.

Dalam penyampaian materinya, Kepala Puskesmas Pajangan menyampaikan mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja. Bahwa dalam ilmu kesehatan, seorang wanita menikah dibawah umur 20 tahun dapat memicu terjadinya kanker leher rahim karena alat reproduksinya belum matang / tumbuh sempurna sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin apabila hamil. Selain itu dapat menimbulkan terjadinya KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga) dan terjadinya perceraian karena pikiran dan emosinya belum stabil.

Kepada pemuda pemudi yang ingin berkonseling / konsultasi tentang Kesehatan Reproduksi bisa mendatangi Pos Remaja yang telah didirikan oleh puskesmas Pajangan pada setiap desa yang ada di Pajangan. Di pos tersebut kami telah tempatkan petugas medis untuk pelayanan kesehatan masyarakat, kata Kepala Puskesmas Pajangan.

Sementara Aiptu Subari dalam kesempatanya memberikan materi mengenai penyalahgunaan Narkoba. Disampaikan remaja harus mendukung dan berperan aktif melawan penyalahgunaan narkoba. Narkoba sangat identik dengan pergaulan sex bebas dan minuman keras. Penyalahgunaan Narkoba akan mengakibatkan ketergantungan dan kencanduan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik antara lain badan sakit sakitan, mudah tertular HIV-AIDS, sek bebas (ganti-ganti pasangan) dan menimbulkan Ketergantungan – Over Dosis sehingga menimbulkan kematian.

Marilah kita secara  bersama-sama memerangi Narkoba dengan cara peduli terhadap keluarga kita masing-masing, peduli terhadap lingkungan masyarakat di sekitar kita, bila menemukan Penggunaan dan Peredaran Narkoba segera melaporkan kepada pihak yang berwajib  (Polri) , ajak Aiptu Subari.

Hingga selesainya kegiatan penyuluhan pada jam 22.30 Wib situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger